Kisah di Balik Momen Jokowi Ajak Prabowo Swafoto bersama Wartawan

Jokowi dan Prabowo tampak hangat

Jakarta, IDN Times - Sore itu, Jumat (11/10), hari terasa penuh antusiasme. Para wartawan tengah duduk rapi di dalam pressroom. Sebagian ada yang menulis berita, sebagian ada yang tengah salat Jumat, sebagian lagi ada yang menonton film di komputer.

Tiba-tiba terdengar salah satu celetukan seorang wartawan, "Sore ini Prabowo mau ke Istana," ujarnya.

Wartawan lain yang mendengar celetukannya langsung bertanya-tanya apakah benar kabar itu. Semuanya langsung bergerak mengonfirmasi kabar tersebut. Juru bicara Prabowo Subianto Dahnil Anzar Simanjuntak, tentu menjadi sasaran wartawan untuk berburu informasi itu.

Ternyata benar Prabowo akan datang menemui Jokowi di Istana pukul 15.00 WIB. Semuanya langsung bersiap. Kami, para wartawan, langsung bertanya-tanya, "Apakah ini akan menjadi sejarah baru lagi?"

Pukul 14.30 WIB, Biro Pers Istana sudah menyuruh wartawan untuk masuk ke dalam Istana Merdeka. Kami menanti kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra itu. Tak berapa lama kemudian, Biro Pers menyuruh kami untuk masuk ke dalam satu ruangan di Istana Merdeka, yaitu Ruang Jepara.

1. Prabowo dan Jokowi kompak kenakan kemeja putih

Kisah di Balik Momen Jokowi Ajak Prabowo Swafoto bersama WartawanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Seperti biasa, menjadi seorang wartawan harus siap bersaing dengan wartawan lain untuk mendapatkan gambar terbaik. Kami pun berebutan untuk bisa masuk lebih dulu dan mengambil gambar paling depan. Seakan tak ingin kehilangan momen bersejarah ini.

Di situ sudah tampak Prabowo dan Jokowi tengah duduk berdampingan. Prabowo duduk di sebelah kiri, sedangkan Jokowi duduk sebelah kanan. Aura mereka tampak berbeda. Kehangatan terasa di dalam ruangan tersebut.

Jokowi dan Prabowo tampak begitu akrab. Tidak setegang saat kampanye Pilpres 2019 lalu. Mereka tertawa dan berbincang ringan. Kami pun menyapa Prabowo kala itu.

"Halo Pak Prabowo, bagaimana kabarnya?" kata wartawan kepada Prabowo.

Prabowo pun membalas dengan senyuman merekah di bibirnya, "Halo.. baik, baik," jawabnya ramah.

Kemudian, wartawan pun meminta Jokowi dan Prabowo untuk kembali bersalaman, karena kami tidak mendapat momen tersebut ketika mereka bertemu. Tanpa diduga, Jokowi dan Prabowo menurutinya. Mereka bangkit dari kursi masing-masing, berjalan berdekatan, lalu bersalaman dan menghadap ke kamera dengan senyuman lebar.

Di dalam pertemuan kedua pemimpin tersebut, tampak ada yang berbeda. Prabowo yang biasanya mengenakan kemeja coklat khasnya, saat itu ia tengah mengenakan kemeja putih yang justru menjadi ciri khas Jokowi. Hal itu membuat keduanya tampak kompak dengan kemeja putih.

Setelah puas mengambil gambar, para wartawan akhirnya diminta keluar dan menunggu di luar ruangan. Kami pun menanti kabar apa yang akan Jokowi dan Prabowo berikan setelah pertemuan hangat itu.

Baca Juga: Temui Jokowi, Prabowo Akui Dukung Gagasan Pemindahan Ibu Kota

2. Tawa lebar Jokowi-Prabowo ketika keluar ruangan

Kisah di Balik Momen Jokowi Ajak Prabowo Swafoto bersama WartawanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Setelah menanti hampir satu jam, akhirnya tokoh utama yang ditunggu-tunggu pun muncul juga. Prabowo dan Jokowi kompak keluar secara bersamaan dari Ruang Jepara. Keduanya keluar sambil berbincang hangat dan tertawa lebar.

Wah, sepertinya akan ada kabar baik. Begitu kami menduga. Lalu, Prabowo dan Jokowi pun memberikan pernyataan tentang pertemuan mereka. Benar dugaan kami, lobi-lobi politik tampaknya berjalan cair.

Jokowi mengatakan bahwa ada kemungkinan Gerindra masuk koalisi pemerintah. Namun, semuanya belum final dan masih bisa berubah kapan saja.

Kemudian, Prabowo menanggapi bahwa hubungannya dengan Jokowi selama ini baik-baik saja. Jokowi langsung nyeletuk "sangat mesra" menanggapi pernyataan Prabowo tentang hubungan mereka. Prabowo pun tertawa dan berkata, "mungkin banyak yang gak suka".

Proses tanya-jawab bersama wartawan hanya sebentar saja. Keduanya sepertinya tak mau terlalu banyak menanggapi pertanyaan wartawan. Pertanyaan wartawan yang berbondong-bondong pun tak dijawab mereka dan keduanya langsung berbalik badan menuju pintu keluar.

3. Wartawan minta foto bersama Prabowo dan Jokowi

Kisah di Balik Momen Jokowi Ajak Prabowo Swafoto bersama WartawanDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Di sinilah momen unik itu terjadi. Ketika Prabowo dan Jokowi berjalan ke arah pintu keluar, para wartawan pun memanggil mereka dan meminta foto bersama.

"Pak Jokowi, Pak Prabowo, foto.. foto..," teriak kami kepada keduanya.

Mendengar permintaan wartawan, Jokowi langsung mengajak Prabowo untuk berfoto bersama. Jokowi menoleh ke arah Prabowo seakan mengatakan. "Ayo Pak". Prabowo yang langsung ngeh dengan ajakan Jokowi, langsung mengiyakan hal tersebut.

Keduanya pun kembali mendekati wartawan. Salah satu wartawan memberikan handphone-nya kepada Jokowi. Semua wartawan yang tadinya duduk, langsung berdiri dan bersiap-siap swafoto bersama kedua tokoh bangsa itu.

Cekrek..cekrek..cekrek..beberapa kali Jokowi mengambil gambar kami semua. Setelah itu, kami pun tertawa dan mengucapkan terima kasih kepada Jokowi dan Prabowo.

Usai foto bersama, Prabowo dan Jokowi keluar Istana Merdeka. Sungguh momen yang sangat langka ketika melihat Jokowi dan Prabowo yang bersaing ketat di Pilpres 2019, akhirnya bisa swafoto bersama dengan senyum yang bersahabat.

Baca Juga: Pengamat: Pertemuan Jokowi dan Prabowo adalah Kabar Buruk bagi Oposisi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya