Klaim COVID-19 Berhasil Dikendalikan, Luhut: Pemerintah Tidak Jumawa

Luhut minta masyarakat tidak lengah

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim, kasus COVID-19 di Indonesia semakin membaik. Meski begitu, dia menekankan, pencapaian Indonesia yang berhasil mengendalikan pandemik bukanlah jumawa atau sombong.

“Pemerintah hari ini sama sekali tidak berjumawa dan terus memohon kepada masyarakat agar sekali lagi tidak euforia yang berlebihan, dan yang pada akhirnya mengabaikan segala macam bentuk protokol kesehatan,” ujar Luhut dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: Vaksinasi COVID Indonesia Rangking 5 Terbanyak di Dunia, Salip Jepang

1. Luhut ingatkan lonjakan kasus bisa terjadi kapan saja

Klaim COVID-19 Berhasil Dikendalikan, Luhut: Pemerintah Tidak JumawaWarga yang terkonfirmasi positif COVID-19 dibawa ke rumah karantina di Hotel Rosenda, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (22/6/2021). ANTARA FOTO/Idhad Zakaria.

Kendati demikian, Luhut mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan. Sebab, kasus COVID-19 bisa melonjak kapan saja.

“Wakil Presiden dalam ratas tadi mengingatkan agar kita tetap waspada dan hati-hati. Risiko peningkatan kasus masih tinggi dan dapat terjadi sewaktu-waktu,” ucap dia.

2. Luhut minta hasil baik saat ini tidak dirusak dengan kelengahan

Klaim COVID-19 Berhasil Dikendalikan, Luhut: Pemerintah Tidak JumawaMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Menurut Luhut, keberhasilan pandemik karena kerja sama semua pihak. Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini meminta agar hasil yang baik ini tidak dirusak dengan kelalaian.

“Kelengahan sekecil apapun itu kita lakukan ujungnya dapat meningkatkan terjadinya kasus dalam beberapa minggu ke depan. Dan pastinya akan mengulangi pengetatan-pengetatan kembali yang diberlakukan dan ini sangat merugikan kita semua,” tuturnya.

3. Luhut sebut reproduksi virus corona di Jawa sudah di bawah satu

Klaim COVID-19 Berhasil Dikendalikan, Luhut: Pemerintah Tidak JumawaLuhut Binsar Pandjaitan. (maritim.go.id)

Luhut mengklaim, kasus virus corona di Indonesia telah menurun signifikan. Bahkan, ia menyebut kasus COVID-19 menunjukkan perbaikan.

“Kasus konfirmasi nasional turun 98 persen dan kasus konfirmasi Jawa-Bali juga menunjukkan penurunan hingga 98,7 persen dari puncaknya pada 15 Juli lalu," kata Luhut.

Kemudian, Luhut juga menyampaikan, tingkat reproduksi virus corona di Jawa sudah berada di bawah satu. Sementara, di Bali masih berada di angka satu.

"Selain itu, jumlah testing yang dilakukan per hari terus mengalami peningkatan, sehingga dapat menurunkan tingkat positivity rate yang sudah berada di bawah 1," ujar Luhut.

Baca Juga: Luhut Sebut Jabodetabek Masih Masuk PPKM Level 3, Ini Alasannya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya