Comscore Tracker

Klaim COVID Turun, Menkes: Skenario Buruk 70 Ribu Kasus Tidak Terjadi

Menkes sebut juga BOR rumah sakit semakin turun

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengklaim, kasus COVID-19 di Indonesia alami penurunan. Bahkan dia bersyukur, karena skenario terburuk penambahan kasus hingga 70 ribu tidak terjadi.

“Tapi alhamdulillah yang kami lihat sekarang puncaknya itu kena 57 ribu dan kita sudah mulai melihat penurunan. Jadi sekali lagi, skenario terburuk yang sebelumnya kami perkirakan 70 ribu penambahan kasus per hari, sampai sekarang kita lihat, kita bersyukur bahwa itu terjadi di 57 ribu per hari,” kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Baca Juga: Menkes: Stok Vaksin Saat Ini 22 Juta Dosis, Gak Sampai untuk Sebulan

1. Menkes sebut BOR semakin menurun 7 hari terakhir ini

Klaim COVID Turun, Menkes: Skenario Buruk 70 Ribu Kasus Tidak TerjadiTenaga kesehatan merawat pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Selain kasus yang disebutnya semakin menurun, Budi juga mengatakan bahwa keterpakaian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) semakin menurun sejak PPKM Darurat diterapkan.

“Kita bersyukur bahwa kasus konfirmasi di Indonesia sudah menurun. Demikian juga dengan BOR rumah sakit, tekanannya sudah menurun rata-rata 7 hari terakhir ini,” jelas Budi.

2. Meski kasus turun, Jokowi ingatkan Indonesia untuk tetap waspada

Klaim COVID Turun, Menkes: Skenario Buruk 70 Ribu Kasus Tidak Terjadi(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kendati begitu, Presiden Jokowi mengingatkan agar Indonesia tetap waspada ke depannya. Kewaspadaan perlu agar kasus tidak kembali melonjak.

“Jadi Pak Presiden menekankan kita bersyukur kerja keras kita sudah berhasil menurunkan angka konfirmasi, tekanan di rumah sakit, tapi jangan lupa kita harus terus waspada,” terang Budi.

3. Tetap waspada karena COVID-19 sudah menyebar dimana-mana

Klaim COVID Turun, Menkes: Skenario Buruk 70 Ribu Kasus Tidak TerjadiIlustrasi Virus Corona. (IDN Times/Aditya Pratama)

Tak hanya itu, Jokowi juga menekankan kewaspadaan perlu dilakukan karena penyebaran COVID-19 sudah terjadi dimana-mana. Hal itu sudah terjadi di negara-negara lain juga.

“Indonesia termasuk yang kemarin kena, naik tinggi sesudah India. Tapi sekarang negara-negara besar lain di dunia pun naiknya tinggi. Banyak negara-negara seperti Amerika sekarang sudah kembali di atas 100 ribu,” ucap Budi.

Baca Juga: Menkes: Kebutuhan Obat Terapi COVID-19 Meningkat 12 Kali Lipat

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya