KNKT Klaim Kantongi Data Dugaan Penyebab Jatuhnya Lion Air JT610

Investigasi masih terus dilakukan

Jakarta, IDN Times - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terus melakukan investigasi untuk mencari penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada Senin (29/10). 

Investigator KNKT Ony Suryo Wibowo mengatakan pihaknya telah mengumpulkan seluruh data, mulai dari keterangan masyarakat hingga catatan pilot yang menerbangkan pesawat sebelum kejadian.

1. KNKT telah dapatkan data-data dugaan penyebab jatuhnya pesawat

KNKT Klaim Kantongi Data Dugaan Penyebab Jatuhnya Lion Air JT610Suasana di Posko Lion Air di Bandara Halim. (IDN Times/Santi Dewi)

Ony mengatakan data yang mereka kumpulkan masih akan diverifikasi kebenarannya. "KNKT berhak melakukan investigasi dan verifikasi ke operator, maka itu yang kami lakukan," ujar Ony di Gedung KNKT, Jakarta Pusat, Selasa (30/10).

Baca Juga: 26 Kantong Jenazah Korban Lion Air Belum Bisa Diidentifikasi

2. Data bersifat rahasia sesuai

KNKT Klaim Kantongi Data Dugaan Penyebab Jatuhnya Lion Air JT610Twitter.com/Sutopo_PN

Menurut dia, tim investigasi sudah melakukan verifikasi ke seluruh penerbangan dari Denpasar ke Jakarta. Sebelumnya, dikabarkan bahwa pesawat Lion Air JT610 digunakan untuk penerbangan Denpasar-Jakarta, sebelum akhirnya di pagi hari digunakan penerbangan Jakarta-Pangkalpinang.

"Datanya sudah kami dapatkan tetapi masih perlu kami verifikasi. Karena data yang kita dapatkan berupa verbal, yang mana menurut kemampuan manusia, kemampuan otak itu terbatas. Sehingga data itu sudah kami terima, kami catat, sudah kita log investigasi," jelas Ony.

Sesuai dengan ketentuan UU Nomor 1 tahun 2009, data bersifat rahasia, sehingga tidak dapat disebarluaskan.

"Setelah kami verifkasi, nanti kami akan  bandingkan dengan data yang ada di black box. Jadi data verbal sudah kita dapatkan. Apa informasinya? Dengan sangat menyesal saya belum bisa sampaikan isinya," tambah Ony.

3. Pilot penerbangan Denpasar-Jakarta telah berikan catatan penerbangan

KNKT Klaim Kantongi Data Dugaan Penyebab Jatuhnya Lion Air JT610ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ony menerangkan, pihak KNKT sudah mendapatkan log book berisi catatan pilot penerbangan Denpasar-Jakarta. Namun, lengkapnya catatan seperti apa, Ony mengaku tak bisa memberitahukan lebih detail.

"Tapi intinya adalah catatan tersebut berisi mengenai jam terbang, tanggal penerbangan, rute, penerbang siapa, kabin kru siapa, jumlah bahan bakar berapa, penumpang berapa, termasuk apakah ada problem. Itu yang ada dalam catatan itu," tutur Ony.

"Setelah pilot menuliskan masalah penerbangannya, maka kewajiban dari para engineering untuk memperbaiki atau melakukan cek pada pesawat tersebut. Catatan itu juga termasuk catatan perawatan pada jam berapa, dituliskan," papar dia.

Baca Juga: Cari Badan Pesawat Lion Air JT 610, TNI AL Kerahkan Alat Selam Canggih

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya