KPK Temukan Uang di Kantor Menag, Moeldoko: di Kantor Gue Juga Ada

Moeldoko senada dengan JK

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menanggapi tentang penggeledahan di kantor Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya, KPK sempat menemukan uang ratusan juta di kantor Lukman.

Menanggapi hal itu, Moeldoko pun mengatakan bahwa belum tentu itu adalah uang korupsi. Karena di sebuah kantor seorang pejabat termasuk di kantornya sendiri, menurut Moeldoko, memang biasanya menyimpan uang.

1. Moeldoko: Namanya juga di kantor, kantor gue juga ada uang

KPK Temukan Uang di Kantor Menag, Moeldoko: di Kantor Gue Juga AdaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Moeldoko mengaku tak ingin memasuki area hukum, namun ia pun menyampaikan bahwa belum tentu uang yang berada di kantor Lukman berkaitan dengan korupsi. Karena di kantor seorang biasanya memang menyimpan uang.

"Aku gak memasuki area teknis hukum. Karena bisa saja itu uang apa... Namanya juga di kantor. Di kantor gue juga ada uangnya. Masa gua ke kantor gak bawa duit," kata Moeldoko di kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

Baca Juga: Ada Uang Ratusan Juta di Ruang Kerja Lukman Hakim, Ini Respons Kemenag

2. Moeldoko sebut Jokowi prihatin dengan ditangkapnya Rommy dan pejabat Kemenag

KPK Temukan Uang di Kantor Menag, Moeldoko: di Kantor Gue Juga AdaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Walau demikian, terkait dengan tertangkapnya Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy dan seorang pejabat kemenag, Moeldoko mengaku bahwa Presiden Joko "Jokowi" Widodo ikut prihatin. Dan ia berharap kondisi ke depan bisa lebih baik lagi.

"Ya kan kemarin sudah disampaikan oleh beliau (Jokowi) kalau prihatin dengan kondisi seperti ini. Intinya ya kita semuanya dalam situasi seperti ini menjaga situasi dengan baik," jelasnya.

Baca Juga: Usai Geledah Ruang Kerja di Kemenag, KPK Akan Panggil Lukman Hakim 

3. JK sebut uang di ruang Lukman adalah dana operasional

KPK Temukan Uang di Kantor Menag, Moeldoko: di Kantor Gue Juga AdaIDN Times/Imam Rosidin

Senada dengan Moeldoko, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan bahwa wajar saja ditemukan uang di dalam kantor seorang menteri. Dan menurutnya, uang ratusan juta yang ditemukan oleh KPK merupakan dana operasional.

"Lazim dong, selalu ada yang namanya kas kecil (di ruang kerja), iya kan? Dan Menteri itu juga ada dana operasionalnya dan itu kas dana operasionalnya (Menteri)," ujar JK di kantor Wapres di Jakarta Pusat pada Selasa (19/3). 

Ia mengatakan setiap pejabat pasti menyimpan uang di ruang kerjanya. Dana kas itu disiapkan oleh pejabat yang bersangkutan untuk keperluan hal-hal penting. 

"Kalau kantor saya digeledah pasti ada uangnya. Pastilah, masa sekretaris tidak pegang uang. Kalau tiba-tiba mau pergi belanja, macam-macam, mau beli sesuatu," tutur dia lagi. 

4. KPK yakin uang tunai yang disita dari ruang kerja Menag Lukman terkait barang bukti

KPK Temukan Uang di Kantor Menag, Moeldoko: di Kantor Gue Juga AdaIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara, juru bicara KPK, Febri Diansyah menegaskan uang senilai Rp180 juta dan US$30 ribu yang ditemukan di dalam laci Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terkait barang bukti. Jadi, bukan dana operasional seperti yang selama ini diklaim. 

"Ya, silakan saja. Yang pasti uang tersebut sudah kami sita karena terkait dengan penanganan perkara," kata Febri di gedung KPK, Selasa malam ini. 

Ia mengakui jumlah uang tersebut diakui memang cukup banyak apabila disimpan di dalam ruang kerja seorang Menteri. Apalagi disimpan dalam bentuk tunai. 

Baca Juga: Ditemukan Rp 100 Juta di Ruang Kerja Kemenag, KPK Akan Panggil Lukman

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya