Kronologi Aksi Protes BPN Soal Jokowi Sindir Lahan Prabowo Saat Debat

Dalam video yang beredar, BPN tampak ricuh saat jeda iklan

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, kembali ofensif dalam debat kedua di Pilpres 2019. Kali ini, Jokowi melayangkan serangannya dengan menyinggung tentang lahan yang dimiliki oleh Prabowo.

Ia menyebut, Prabowo kebagian jatah lahan dari pemerintahan sebelumnya di wilayah Kalimantan Timur dan Aceh Tengah.

“Saya tahu Pak Prabowo punya lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektar dan Aceh Tengah 120 ribu hekter,” ujar Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Usai Jokowi mengungkapkan hal itu di acara debat, saat jeda iklan, rupanya Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menganggap itu adalah serangan personal. Sehingga, mereka pun langsung melayangkan protes kepada KPU dan Bawaslu di lokasi debat.

Protes tersebut tampaknya sedikit memancing kericuhan. Terlihat dari sebuah video yang tersebar di media sosial, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan sampai turut berdiri dan menghampiri kericuhan tersebut.

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi saat itu?

1. BPN protes kepada KPU dan Bawaslu usai Jokowi singgung lahan yang dimiliki Prabowo

Kronologi Aksi Protes BPN Soal Jokowi Sindir Lahan Prabowo Saat DebatIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Ferdinand Hutahaean, menjelaskan tentang kronologi kejadian protes tersebut. Ferdinand yang kala itu berada di lokasi, menceritakan bahwa kejadian protes berlangsung saat break iklan.

"Jadi peristiwanya terjadi ketika break pada saat selepas Jokowi menyerang pribadi Pak Prabowo dengan urusan tanah. Kami menganggap itu adalah serangan terhadap pribadi Pak Prabowo bukan mengkritisi kebijakan pemerintah, tetapi mengomentari harta Pak Prabowo," ujar Ferdinand saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (19/2).

Menurutnya, pernyataan Jokowi tersebut jelas menyerang pribadi Prabowo. Oleh karena itu, mereka langsung melayangkan protes kepada KPU dan Bawaslu di tempat.

"Nah itu lah kami protes agar KPU dan Bawaslu menegur Jokowi dan mengingatkan bahwa yang dia lakukan itu salah, melanggar tatib (tata tertib). Itu yang kami tuntut karena pernyataan pak Jokowi jelas menyerang pribadi, bukan mengkritisi kebijakan," kata Ferdinand.

2. Protes disebut Ferdinand untuk membuat demokrasi menjadi lebih baik

Kronologi Aksi Protes BPN Soal Jokowi Sindir Lahan Prabowo Saat DebatANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Akibat dari protes yang kebanyakan dilakukan oleh kader Demokrat tersebut, menyebabkan kericuhan kecil di dalam lokasi debat. Ferdinand mengatakan tidak ada masalah dengan itu, karena hal itu akan semakin membuat demokrasi di Indonesia menjadi baik.

"Makanya kami protes, hingga terjadi keramaian kecil-kecilan sebetulnya gak apa-apa untuk membuat demokrasi kita jadi semakin baik," jelasnya.

Baca Juga: Jawab Tudingan Pakai Earpiece Saat Debat, Jokowi: Fitnah Gak Bermutu

3. Luhut ikut terlibat dalam kericuhan tapi dilarang oleh KPU dan Bawaslu

Kronologi Aksi Protes BPN Soal Jokowi Sindir Lahan Prabowo Saat DebatIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait dengan Luhut yang terlihat ikut campur dalam keramaian tersebut, Ferdinand mengatakam bahwa Luhut hanya ikut-ikut saja dalam keramaian protes tersebut. Karena kehadiran Luhut sebagai pejabat negara, dan bukan tim sukses, maka orang-orang di sekitarnya langsung menyuruhnya duduk kembali.

"Luhut mungkin merasa atau mungkin dia lupa kalau ke sana sebagai menteri bukan sebagai tim pendukung Pak Jokowi. Sehingga, dia merasa berhak untuk berdiri dan mencoba untuk ikut di dalam keramaian tersebut," terang Ferdinand.

"Tetapi karena kehadiran beliau ke sana sebagai pejabat negara, sebagai menteri, tidak boleh terlibat. Karena ini urusan tim pemenangan. Jadi, ya kita akhirnya KPU dan Bawaslu meminta Pak Luhut kembali ke tempat duduk, dan itu pun kemudian terjadi," sambung dia.

4. Raja Juli sebut Luhut tidak emosi pada BPN, tetapi hanya ingin tahu duduk perkara

Kronologi Aksi Protes BPN Soal Jokowi Sindir Lahan Prabowo Saat DebatIDN Times/Irfan Fathurohman

Sementara, Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Raja Juli Antoni, mengatakan bahwa Luhut yang ikut dalam keramaian bukannya emosi dengan protes BPN, tetapi hanya ingin tahu duduk perkaranya saja.

"Dia (Luhut) malah emosi ke kami (TKN), ke kawan-kawan yang nyuruh dia duduk. Bukan emosi ke sana (BPN). Kan kami bilang, 'Opung duduk, pung, duduk'. Dia terus jawab 'lah kok saya disuruh duduk sih, kan kita mau denger apa ini masalahnya'. Jadi bukan marah ke sana (BPN)," jelas Juli saat dikonfirmasi, Senin (18/2).

5. TKN tak ikut layangkan protes pada KPU

Kronologi Aksi Protes BPN Soal Jokowi Sindir Lahan Prabowo Saat DebatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dijelaskan Juli, protes memang dilayangkan dari kubu Prabowo saat break iklan berlangsung. Menurutnya, yang protes hanya dari kubu Prabowo saja.

"Jadi BPN yang protes ke KPU. Kalau kami sih gak ada apa-apa. Kami santai aja. Pak Luhut juga gak apa, dia malah nanya ada apa sih ramai-ramai," ujarnya.

Baca Juga: CEK FAKTA: Jokowi Sebut 11 Perusahaan Didenda Rp18,3 Triliun

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya