KSP: Ngabalin Ikut Rombongan Edhy Prabowo, Tapi Tidak Ikut ke KPK 

Ngabalin saat ini sedang berada di kediamannya

Jakarta, IDN Times - Kantor Staf Presiden (KSP) mengonfirmasi bahwa Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin tidak ikut ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tenaga Ahli Utama KSP Ade Irfan Pulungan menjelaskan bahwa Ngabalin memang ikut dalam rombongan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ke Amerika Serikat, tapi tidak terlibat dalam dugaan kasus yang menjerat Edhy.

"(Ngabalin) ikut dalam rombongan perjalanan dari Amerika, tapi tidak ikut dibawa ke KPK," kata Irfan saat dihubungi IDN Times, Rabu (25/11/2020).

Tim IDN Times juga sudah berusaha menghubungi Ngabalin sejak pagi tadi. Namun, yang bersangkutan menolak panggilan (reject) telepon.

1. Ngabalin langsung menuju kediamannya usai tiba di Indonesia

KSP: Ngabalin Ikut Rombongan Edhy Prabowo, Tapi Tidak Ikut ke KPK (Akun Twitter yang diduga milik Ali Muchtar Ngabalin) www.twitter.com

Irfan lalu mengatakan saat ini Ngabalin dalam kondisi baik. Bahkan, Ngabalin langsung menuju kediamannya untuk beristirahat.

"Barusan saya cek, Bang Ali sekarang lagi istirahat di rumahnya," ujar Irfan.

Baca Juga: [BREAKING] Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Gerindra: Belum Ada Konfirmasi

2. Menteri Edhy Prabowo terjaring OTT KPK, diduga soal ekspor benih lobster

KSP: Ngabalin Ikut Rombongan Edhy Prabowo, Tapi Tidak Ikut ke KPK Menteri KKP, Edhy Prabowo (ANTARA FOTO/Mentari Dwi Gayati)

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan korupsi (KPK), pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Penangkapan Edhy tersebut diduga terkait izin ekspor benih lobster.

“Yang bersangkutan diduga terlibat korupsi dalam penetapan izin export baby lobster,” kata Ketua KPK Firli Bahuri saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Saat ini, kata Firli, Edhy sedang dimintai keterangan lebih lanjut oleh penyidik KPK. Nantinya, komisi antirasuah tersebut akan mengumumkan hasil penangkapan tersebut ke publik.

“Nanti akan disampaikan penjelasan resmi KPK. Mohon kita beri waktu tim kedeputian penindakan bekerja dulu,” tutur Firli.

3. Edhy ditangkap bersama istrinya di Bandara Soekarno Hatta

KSP: Ngabalin Ikut Rombongan Edhy Prabowo, Tapi Tidak Ikut ke KPK Edhy Prabowo memegang udang di Pandeglang, Banten (Instagram.com/edhy.prabowo)

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap oleh pihaknya. Bahkan, ada sejumlah orang yang turut ditangkap.

"Banyak (yang ditangkap), ada beberapa. Baik keluarga dan juga orang di KKP," kata Ghufron kepada IDN Times, Rabu (25/11/2020).

Tak hanya Edhy yang ditangkap, berdasarkan informasi dari internal KPK yang enggan disebutkan namanya, istri Edhy, Iis Rosita Dewi turut ditangkap.

"Begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Edhy beserta istri dan beberapa rombongan yang ikut ke Amerika langsung ditangkap KPK dan dibawa ke gedung KPK," katanya kepada IDN Times.

Sumber IDN Times melanjutkan, saat ditangkap ada Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin di dalam pesawat yang ditumpangi Edhy.

"Ali Mochtar Ngabalin yang ada di pesawat yang sama dengan Edhy juga sempat berbincang dengan penyidik yang nangkap Edhy. Sesampai di KPK, langsung diperiksa. Di dalam gedung KPK sendiri terlihat ada Novel Baswedan, penyidik senior KPK salah satu yang memimpin kegiatan itu," ungkapnya.

Baca Juga: Ditangkap KPK, Berapa Kekayaan Menteri KKP Edhy Prabowo? 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya