Kubu Jokowi: Basis Suara Jateng Milik Merah dan Hijau

Kubu Jokowi yakin basis suara Jateng susah direbut lawan.

Jakarta, IDN Times - Koalisi calon Presiden Nomor Urut 01 Joko 'Jokowi' Widodo menilai bahwa suara Jawa Tengah yang mulai diincar oleh kubu lawan, akan susah untuk direbut. Sebab, Jawa Tengah sendiri adalah basis suara dari Jokowi.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga, menyampaikan bahwa Jawa Tengah sudah kuat oleh basis suara PDIP dan PKB.

1. TKN tak khawatir kubu Prabowo incar suara di Jawa Tengah

Kubu Jokowi: Basis Suara Jateng Milik Merah dan HijauIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Mendengar kabar kubu Prabowo sudah mulai menargetkan suara di Jawa Tengah, Arya mengaku TKN tak khawatir sama sekali. Ia yakin karena memang Jawa Tengah cukup menjadi kekuatan dari Jokowi.

"Yang pasti kita tidak pernah khawatir karena Jawa Tengah itu basis yang sangat kuat untuk Pak Jokowi. Mereka merasakan bagaimana hasil pembangunan yang dilakukan Pak Jokowi," kata Arya di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin (10/12).

Baca Juga: Begini Lho Kesan Jokowi di Mata Gubernur Jawa Tengah

2. Kubu Prabowo disebut tak bisa konsolidasikan di daerah Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten

Kubu Jokowi: Basis Suara Jateng Milik Merah dan HijauIDN Times/Irfan Fathurohman

Tentang adanya kabar pemindahan markas kubu Prabowo-Sandiaga di Jawa Tengah, Arya menilai bahwa kubu Prabowo gagal mengkonsolidasikan suara di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Sehingga, lanjutnya, mereka mulai mengincar suara di Jawa Tengah.

"Akhirnya mereka menggeser ke Jawa Tengah. Itu adalah bukti bahwa mereka tidak mampu meraup suara. Sampai saat ini, survei-survei mengatakan mereka tidak berhasil di Jakarta dan di Jawa Barat. Jadi mereka menggeser. Kami melihatnya seperti itu," papar Arya.

3. Ida Fauziah memberikan efek elektoral untuk Sudirman Said

Kubu Jokowi: Basis Suara Jateng Milik Merah dan HijauIDN Times/Fitang Adhitia

Berkaitan dengan suara Sudirman Said yang disebut bisa merebut basis di Jawa Tengah, Arya mengungkapkan bahwa saat Pilkada 2017 di Jawa Tengah, Sudirman Said bisa mendapatkan suara tinggi karena bantuan dari Ida Fauziah yang juga sebagai kader PKB.

"Begini loh, yang dipilih warga Jawa Tengah itu kan bukan Pak Sudirman Said sendiri. Lupa? Bu Ida ada. PKB loh, NU di sana. Suara di sana dipengaruhi itu juga. Jadi gak bisa otomatis bahwa itu suaranya Sudirman Said, bukan," jelas Arya.

Baca Juga: Prabowo Incar Suara Jawa Tengah, Ma'ruf: Tidak Semudah Itu 

4. Hasil survei Sudirman tinggi karena Ida

Kubu Jokowi: Basis Suara Jateng Milik Merah dan HijauIDN Times/Irfan Fathurohman

Menurut Arya, hasil survei Sudirman Said yang tiba-tiba tinggi juga karena efek elektoral dari Ida. Disebutnya, Ida memiliki efek elektoral yang cukup kuat di Jawa Tengah.

"Survei-survei mengatakan kenapa rendah, waktu pemilihan tiba-tiba tinggi, karena mungkin yang disurvei itu cuma Sudirman Said, Bu Ida di bawah gak disurvei. Bu Idanya kan kuat betul di sana," ucapnya.

5. Jawa Tengah menjadi basis suara PDIP dan PKB

Kubu Jokowi: Basis Suara Jateng Milik Merah dan HijauANTARA FOTO

Arya menambahkan, di Jawa Tengah memang adalah basis suara PDIP dan PKB. Jadi, akan susah untuk mengubahnya.

"Kita tahu Jawa Tengah itu markas merah dan warna hijau kan. Jadi tidak bisa langsung di-convert bahwa itu Sudirman Said," terangnya.

Baca Juga: Kubu Prabowo Ingin Rebut Suara di Jawa Tengah, Ini Reaksi Kubu Jokowi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya