Kubu Jokowi Telah Siapkan Serangan Utang Infrastruktur di Debat Kedua

TKN janjikan Jokowi akan tampil ofensif di debat kedua nanti

Jakarta, IDN Times - Menjelang debat kedua capres-cawapres Pilpres 2019, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf rupanya telah menyiapkan materi untuk menjawab serangan-serangan pertanyaan dari kubu lawan.

Di debat kedua yang bertema tentang sumber daya alam, lingkungan hidup, energi dan pangan, dan infrastruktur ini, TKN sudah memprediksi apa saja serangan-serangan yang dilayangkan dari kubu Prabowo, salah satunya terkait infrastruktur.

Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong, mengatakan bahwa TKN telah menyiapkan jawaban apabila utang infrastruktur nanti ditanyakan pada saat debat berlangsung.

1. TKN sudah siapkan pertanyaan yang menyerang kebijakan pemerintahan Jokowi

Kubu Jokowi Telah Siapkan Serangan Utang Infrastruktur di Debat KeduaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menjelang debat kedua, Usman mengaku TKN telah membuat simulasi terhadap prediksi pertanyaan yang akan keluar di debat. Salah satunya adalah mengenai kebijakan-kebijakan Jokowi di bidang infrastruktur.

"Katakan misalnya soal infrastruktur, itu kan akan ada serangan barangkali, kalau kami simulasikan misalnya apa sih dampak infrastruktur terhadap masyarakat kecil, itu kami siapkan," jelas Usman di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Kamis (31/1).

"Infrastruktur katanya dibangun dengan utang kami siapkan, gitu. Atau energi, kami sudah siapkan 'Oh, kami punya program B20, B30, B50, bahkan B100, misalnya begitu. Nanti itu kami siapkan semuanya begitu," tambahnya.

Baca Juga: KPU Akan Buat Segmen Debat Bebas, Begini Respons Kubu Jokowi

2. TKN sudah siapkan tim ahli dari berbagai isu

Kubu Jokowi Telah Siapkan Serangan Utang Infrastruktur di Debat KeduaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain infrastruktur, TKN juga sudah menyiapkan pertanyaan tentang kritikan kebijakan pemerintah terkait impor. Dijelaskan Usman, TKN sudah menyiapkan tim ahli untuk isu tersebut.

"Kami sudah siapkan, karena di kami itu ada di tim penggalangan, kami ada ahli pangan, dia dari Serikat Petani Indonesia, dia kalau ngomong ketahanan pangan, kedaulatan pangan, dia jagonya, makanya kami libatkan dia nanti," jelas Usman.

3. TKN merasa lebih siap dengan tema di debat kedua

Kubu Jokowi Telah Siapkan Serangan Utang Infrastruktur di Debat KeduaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Usman menerangkan, tema debat kedua ini memang menjadi salah satu nilai tambah untuk kubu Jokowi. Pasalnya, kebijakan Jokowi banyak yang mengarah ke isu tersebut, sehingga TKN sangat siap terhadap jawaban di debat nanti.

"Kami relatif lebih siap, kami tidak mau bilang diuntungkan ataupun dirugikan. Kami tidak mau bilang kami diuntungkan karena nanti seolah-olah kalau kami diuntungkan, kan mereka yang dirugikan, tapi kan gak seperti itu. Tapi, ya, kami lebih siap," ungkap dia.

4. Jokowi akan lebih menyerang melalui visinya

Kubu Jokowi Telah Siapkan Serangan Utang Infrastruktur di Debat KeduaANTARA FOTO/Aprilio Akbar

Sebelumnya di debat pertama Jokowi lebih banyak menyerang, di debat kedua ini, Usman menyampaikan bahwa Jokowi akan kembali menyerang dengan memaparkan keberhasilannya selama di pemerintahan. Oleh karena itu, Jokowi akan lebih banyak memaparkan visi dan misinya.

"Kami akan menyampaikan lebih banyak visi. Porsinya akan lebih besar visi, dalam bahasa Anda mungkin diartikan ofensif ya. Ofensif tapi bukan ofensif dalam arti menyerang kebijakan, tapi kita ofensif menyerang dengan visi kita," tutur Usman.

Baca Juga: Gaet Millennials, "Jokowi Bicara" akan Rangkul Anak Muda

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya