Kunker ke Lombok, Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Mandalika

Jokowi tinjau fasilitas dan infrastruktur

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (17/5). Kunjungan kerjanya kali ini dalam rangka meninjau perkembangan pembangunan kawasan Mandalika.

Kawasan Mandalika sebelumnya telah ditetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014. Mandalika juga sudah ditetapkan menjadi tempat penyelenggaraan ajang balap motor MotoGP tahun 2021.

1. Jokowi sebut perkembangan Mandalika sudah sangat bagus

Kunker ke Lombok, Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan MandalikaDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jokowi menyampaikan, dalam kunkernya kali ini, ia ingin memastikan perkembangan dari Mandalika. Menurutnya, perkembangan di Mandalika sudah sangat bagus.

"Saya ingin melihat perkembangan dari Mandalika. Pak Dirut (ITDC) menyampaikan hotelnya sudah ada 7 yang sewa dan 3 yang dibangun. Intinya sebuah perkembangan yang sangat bagus," kata Jokowi di Ikon Pantai Kuta, Mandalika, Jumat (17/5).

2. Jokowi meninjau fasilitas di Mandalika

Kunker ke Lombok, Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan MandalikaDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Peninjauan Jokowi kali ini ditemani oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer. Jokowi ingin memastikan bahwa pembangunan sejumlah fasilitas dasar layak bagi sebuah kawasan pariwisata berjalan sebagaimana mestinya.

Melalui Mansoer, Jokowi juga mendapat penjelasan mengenai perkembangan pembangunan fasilitas umum seperti toilet bagi para wisatawan, penyediaan air bersih, termasuk infrastruktur dasar lain seperti ketersediaan listrik dan pengolahan limbah.

"Fasilitas di sini juga sudah mulai dibangun tadi. Coba nanti dilihat toilet umumnya seperti apa standarnya. Standar tinggi saya kira dimulai sejak awal, sehingga jangan sampai kawasan yang sudah sangat indah dan bagus pemberian Allah ini menjadi tidak baik karena salah manajemen dari awal," ujar Jokowi.

Dan untuk mendukung kawasan wisata tersebut, ITDC juga telah menyelesaikan kawasan bagi para pelaku UMKM. Kawasan tersebut nantinya untuk mendirikan bazar, seperti menjajakan cendera mata, kuliner, dan jasa-jasa lain bagi para wisatawan.

3. Jokowi harap fasilitas dan infrastruktur untuk MotoGP segera diselesaikan

Kunker ke Lombok, Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan MandalikaDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Tidak hanya itu, kunjungan Jokowi juga untuk memastikan persiapan Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP pada 2021 mendatang. Sehingga, Jokowi berharap agar semua fasilitas dan infrastruktur pendukung bisa segera diselesaikan.

"Kita juga ingin fasilitas yang berkaitan dengan Moto GP 2021 itu juga segera dikerjakan. Airport sudah, jalan sudah penetapan lokasi sehingga kita harapkan konstruksi paling lambat itu di Januari 2020," terang Jokowi.

Jokowi menegaskan, pembangunan kawasan pariwisata Mandalika dan penyelenggaraan MotoGP ini merupakan upaya untuk menggerakkan perekonomian wilayah sekitar. Nantinya, peningkatan perekonomian di wilayah Lombok juga diharapkan akan meningkatkan perekonomian nasional.

"Kita mengharapkan ini nanti ada sebuah titik pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat nasional nanti bisa memberikan support juga pada pertumbuhan ekonomi nasional," tambahnya.

4. Menteri yang mendampingi Jokowi

Kunker ke Lombok, Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan MandalikaDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Dalam kunjungan kerja Jokowi, turut mendampingi juga Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah.

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya