Lampaui Dunia, Jokowi Sorot Angka Kematian 4 Provinsi di Atas 6 Persen

Angka kematian Bengkulu, Sumsel, Jateng dan Jatim disorot!

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan bahwa angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia masih lebih tinggi dari rata-rata dunia yang sebesar 3,18 persen. Sedangkan, angka kematian Indonesia sebesar 3,99 persen.

"Pemerintah harus terus bekerja keras untuk menurunkan angka kematian, rata-rata kematian di Indonesia memang terus menurun dari 4,49 persen di bulan lalu menjadi 3,99 persen," ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/9/2020).

1. Jokowi ingin angka kematian di Indonesia ditekan lagi

Lampaui Dunia, Jokowi Sorot Angka Kematian 4 Provinsi di Atas 6 PersenSetiap harinya terdapat belasan jenazah COVID-19 yang dimakamkan TPU Tegal Alur. (IDN Times/Candra Irawan)

Jokowi meminta agar angka kematian di Indonesia bisa semakin ditekan. Meski masih di atas rata-rata dunia, namun ia menyebut bahwa angka kematian Tanah Air sudah semakin menurun dari minggu lalu.

"Ini masih lebih tinggi dari rata-rata angka kematian dunia yang mencapai 3,18 persen. Tapi memang angka ini, angka sebesar 3,99 ini mengalami penurunan dari angka kematian seminggu lalu yang berada di angka 4,02," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Minta RI Tak Dibandingkan dengan Negara Non-Kepulauan

2. Jokowi soroti 4 provinsi yang sumbang angka kematian di atas 6 persen

Lampaui Dunia, Jokowi Sorot Angka Kematian 4 Provinsi di Atas 6 PersenPresiden Jokowi memberi sambutan di acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi, Rabu (26/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kemudian, orang nomor satu di Indonesia ini juga menyoroti empat provinsi yang menyumbang angka kematian di atas 6 persen. Ia pun meminta pemerintah daerah untuk selalu menyampaikan data-data tersebut kepada pemerintah pusat.

"Sehingga informasikan kepada provinsi tersebut dan pemerintah pusat memberikan dukungan penuh ke sana yaitu Bengkulu, Sumatra Selatan, Jawa Tengah dan Jawa Timur," tutur Jokowi.

3. Jokowi minta Indonesia kejar angka kesembuhan

Lampaui Dunia, Jokowi Sorot Angka Kematian 4 Provinsi di Atas 6 PersenJokowi saat tiba di Aceh. (Twitter/@jokowi)

Tak hanya angka kematian saja, Jokowi juga meminta agar angka kesembuhan di Indonesia ditingkatkan. Sebab, saat ini angkanya berada di bawah dunia.

"Jumlah kasus sembuh 155.010 kasus dengan recovery rate 71 persen, ini rata-rata kesembuhan di Indonesia 71 persen ini juga sedikit lebih rendah dari kesembuhan dunia, saya kira kita terus mengejar rata-rata kesembuhan global," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi: Penanganan COVID-19 Jangan Buru-buru Tutup Wilayah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya