Lapas Khusus Napiter di Nusakambangan Kelar Akhir Tahun, Bisa Menampung 502 Orang

Penjagaan super ketat, satu napiter menempati satu sel

Jakarta, IDN Times - Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan Kementeriannya tengah membangun Lembaga Permasyarakatan (Lapas) di Nusakambangan. Nantinya napi teroris akan dijadikan satu dalam lapas tersebut.

1. Pemerintah siapkan Lapas dengan pengamanan tingkat tinggi

Lapas Khusus Napiter di Nusakambangan Kelar Akhir Tahun, Bisa Menampung 502 OrangIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Yasonna mengatakan Lapas yang baru dibangun itu adalah Lapas Karanganyar di Pulau Nusakambangan, Cilapap, Jawa Tengah. Pembangunan Lapas itu akan selesai pada akhir tahun ini.

"Pengamanan memenuhi standard, ada beberapa lapis. Kalau yang kita bangun dan mudah-mudahan selesai tahun ini. Kalau pun tidak, molor dikit. Itu memang keluar saja dia sudah pake body censor. Jadi itu sistem IT-nya sangat baik, betul-betul," ujar Yasonna di Gedung DPR RI, Senin (4/6).

Yasonna melanjutkan, di dalam lapas tersebut, nantinya para napiter tidak akan dijadikan satu ruangan, melainkan satu napi mendapatkan satu kamar.

"Tempatnya itu betul-betul kami buat memadai, dalam artian untuk satu orang, satu kamar. Untuk napi high risk, napiter," tambahnya.

2. Napi teroris akan dijadikan satu dalam satu lapas

Lapas Khusus Napiter di Nusakambangan Kelar Akhir Tahun, Bisa Menampung 502 OrangIDN TImes/Irfan Fathurohman

Setelah lapas itu selesai dibangun, Yasonna memaparkan bahwa para napiter akan dibawa ke Nusa Kambangan dan dijadikan satu di dalam Lapas Karanganyar. Hal tersebut ia ungkapkan agar pengawasan dan pembinaan di satu tempat saja.

"Kan sekarang banyak di daerah masih sebagian. Jadi prinsip kita sekarang, daripada di daerah, dibuat di satu tempat. Itu pun napiter kan punya kategori-kategori. Ada yang ideolog, ada yang sudah bisa dibina, yang sudah dibina, digeser," kata Yasonna.

Apalagi, lanjutnya, usai peristiwa di Mako Brimob dan Surabaya, akan banyak lagi napi teroris yang ditangkap. Sehingga, membutuhkan lapas yang memadai.

"Lebih baik di satu tempat. Pembinaannya kita lakukan dengan baik, apalagi denhan model Lapas Karanganyar," sambung dia.

3. Lapas Karanganyar bisa menampung 502 napiter

Lapas Khusus Napiter di Nusakambangan Kelar Akhir Tahun, Bisa Menampung 502 OrangIDN TImes/Irfan Fathurohman

Yasonna mengatakan Lapas Karanganyar bisa menampung 502 napiter yang ada di Lapas Pasir Putih. Sehingga, nantinya, napi narkoba bisa dipindahkan seluruhnya ke Lapas Pasir Putih.

"Kalau kami bisa geser yang di Pasir Putih ke Karanganyar, kan 502 orang, kemudian ada penambahan lain, kan bisa geser bandar narkoba ke Pasir Putih atau di situ juga bisa kita buat.

Yasonna menyebut jika pembangun Lapas Karanganyar sudah berjalan 40 persen.

"Kalau yang Karanganya mudah-mudahan dengan persetujuan Menkeu kami akan kejar tahun ini. Memang sangat berat. Sangat berat. Sekarang kan kondisinya hampir 40 persen," ucap dia.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya