Luhut Akui Keadaan Sudah Parah, Ada 90 Persen Varian Delta di Jakarta

Luhut minta masyarakat tak lagi main-main dengan COVID-19

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kasus COVID-19 bukan lagi hal yang dianggap enteng. Bahkan, data Satgas per 5 Juli 2021 hari ini saja, kasus harian mencapai 29 ribu.

"Saya ingin tidak boleh ada yang main-main mengenai ini, kita harus kompak mengenai ini,” ujar Luhut dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Kemenko Marves, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Luhut: Oksigen Kurang karena Distribusinya Tersendat

1. Luhut minta masyarakat taati aturan PPKM Darurat karena keadaan sudah parah

Luhut Akui Keadaan Sudah Parah, Ada 90 Persen Varian Delta di JakartaWarga berjaga di salah satu jalan akses menuju kawasan RW 04 Kampung Sambongpari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi.

Mengenai kasus virus corona yang semakin melonjak, Luhut meminta masyarakat untuk tata kepada aturan PPKM Darurat yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Sebab, kata dia, hal itu bisa menyelamatkan orang-orang sekitar.

“Kalau kita simak saudara-saudara sekalian, mungkin tahun lalu orang yang kena COVID itu adalah di luar lingkungan kita kebanyakan. Sekarang itu sudah banyak di lingkaran kita, jadi keadaan ini sudah parah, dan kita harus bekerja sama,” jelasnya.

2. Luhut sebut banyaknya mobilitas akan mempersulit penanganan COVID-19

Luhut Akui Keadaan Sudah Parah, Ada 90 Persen Varian Delta di JakartaPetugas kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD) mengumpulkan limbah medis di ruang perawatan pasien COVID-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/6/2021) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Luhut menyampaikan, kasus harian selama 10 hari ini meningkat pesat. Bahkan hari ini mencapai 29 ribu. Menurut Luhut, meskipun angka kesembuhan juga meningkat, namun angka kasus harian tetap tinggi.

“Dari hasil google map kami masih lihat tadi gerakan-gerakan itu cukup banyak. Sehingga kalau ini terus terjadi, saya kira akan mempersulit kita semua, dan Anda akan menyumbang orang yang bisa cedera atau kena COVID karena ketidakdisiplinan saudara., dan itu bisa saudaramu, bisa keluargamu, bisa anak istrimu, atau bisa dirimu sendiri,” tegas Luhut.

3. Luhut sebut varian Delta sudah ada 90 persen di Jakarta

Luhut Akui Keadaan Sudah Parah, Ada 90 Persen Varian Delta di JakartaMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Selain itu, Luhut juga menyebut bahwa varian Delta telah ada di Jakarta sebanyak 90 persen. Sehingga, ia meminta masyarakat lebih berhati-hati.

“Jadi varian Delta sudah ada 90 persen di kita, jadi kalau kita bermain-main, saya katakan tadi pasti bisa kena siapa saja di sekeliling Anda. Itu aja pesan dari saya,” ucapnya.

Baca Juga: Darurat COVID-19, Luhut: 100 Persen Produksi Oksigen untuk Kesehatan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya