Luhut Akui Miliki Konsesi Lahan 6 Ribu Hektare

Luhut mengaku lahan tersebut berproduksi dengan baik

Jakarta, IDN Times - Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan disebut sebagai salah satu elite yang memiliki konsesi lahan besar di Indonesia. Kabar tersebut mulai muncul pascadebat kedua, ketika capres nomor urut 1 Joko 'Jokowi' Widodo menyinggung tentang lahan konsesi yang dimiliki Prabowo Subianto. Luhut lantas mengatakan bahwa lahan yang ia miliki seluas 6 hektare dan tetap berproduksi dengan baik.

1. Luhut katakan lahan miliknya aktif berproduksi

Luhut Akui Miliki Konsesi Lahan 6 Ribu HektareIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Luhut mengungkapkan, lahan 6 ribu hektare yang ia miliki memang konsesi dari pemerintah. Tapi lahan tersebut, dikatakannya, tetap aktif berproduksi.

"Punya pemerintah dan itu berproduksi. Saya pikir kalau sepanjang dia produktif dan sepanjang dia melakukan kewajiban-kewajiban dengan benar, ya gak ada masalah," ujar Luhut di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (26/2).

2. Luhut sebut lahannya diproduksi sebagai tambang batu bara

Luhut Akui Miliki Konsesi Lahan 6 Ribu HektareIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Lalu, Luhut pun mengungkapkan lahan yang ia miliki sekarang diproduksi sebagai tambang batu bara dan masih aktif berproduksi. "Saya punya ya tambang batu bara, berjalan, berproduksi," jelas Luhut.

Baca Juga: Jokowi Minta Lahan Dikembalikan, Pramono: Bukan Menyindir Satu Pihak

3. Luhut mengatakan pemerintah telah terbuka terkait konsesi lahan

Luhut Akui Miliki Konsesi Lahan 6 Ribu HektareIDN Times/Fitang

Terkait permintaan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga yang meminta pemerintah membuka siapa saja elit yang mendapatkan jatah konsesi lahan, Luhut mengatakan bahwa selama ini pemerintah sudah terbuka akan hal itu.

"Kan sekarang dengan adanya one map bisa kelihatan semuanya. Ya sudah terbuka, berlaku pada semua. Ngapain diumumkan? Cari saja," terang Luhut.

4. BPN menantang balik Jokowi membuka pemilik lahan-lahan konsesi yang berada di pihaknya

Jokowi menunggu penerima konsesi (pemberian hak izin tanah oleh pemerintah) besar untuk mengembalikan lahan negara yang dikuasainya. Tantangan itu dilontarkan Jokowi dalam pidato kebangsaannya di Konvensi Rakyat Jokowi, di SICC, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2). 

Terkait hal tersebut, Direktur Konsolidasi Nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Fuad Bawazir, meminta Jokowi menyebut satu persatu orang-orang di sekitar pemerintahan yang mendapatkan konsensi besar tentang penguasaan lahan.

Juru Bicara BPN Andre Rosiade mengatakan, sindiran yang dilempar untuk menyerang Prabowo itu, justru akan berbalik mengenai para pro-Jokowi. Sebab, kata dia, banyak pendukung sang petahana yang saat ini menguasai lahan negara.

"Kita tahu Pak Prabowo itu mendapat konsesi itu dengan membayar. Jadi bukan menikmati konsesi yang dikasih negara. Kalau mau minta, minta ke pendukung Pak Jokowi dong, jangan ke Pak Prabowo aja. Kan pendukung Pak Jokowi banyak yang menikmati konsesi negara. Ada Pak Luhut, Pak Surya Paloh, Hary Tanoe, Erick Tohir, dll," tuturnya kepada wartawan, Senin (25/2).

Baca Juga: Sindir Prabowo, Jokowi Sebut soal Lahan Konsesi Dikembalikan ke Negara

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya