Comscore Tracker

Luhut: Jika Natal-Tahun Baru Dilewati dengan Baik, Indonesia Endemik

Pemerintah prediksi gelombang ketiga COVID usai Natal

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pandemik COVID-19 di Indonesia mampu menjadi endemik, apabila sudah melalui libur Natal dan Tahun Baru mendatang. Sebab, pemerintah juga mengantisipasi gelombang ketiga virus corona pada dua hari besar itu.

"Presiden ingatkan gelombang ketiga akibat libur Natal dan Tahun Baru. Kami akan melakukan beberapa kali rapat. Terutama mendorong penggunaan PeduliLindungi dan vaksinasi. Kalau ini terjadi kita akan bisa bagus. Bila kita bisa melampaui Natal dan Tahun Baru ini dengan baik pada Januari, saya pikir sudah masuk pada endemik," kata Luhut dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/10/2021).

Baca Juga: Menkes: Indonesia Jajaki 3 Obat untuk Lengkapi Vaksin COVID-19

1. Pemerintah prediksi adanya gelombang ketiga usai Natal dan Tahun Baru

Luhut: Jika Natal-Tahun Baru Dilewati dengan Baik, Indonesia EndemikWarga beraktivitas di zona merah COVID-19 RT 006 RW 01, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Kendati, Luhut mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati. Alasannya, karena pemerintah memprediksi adanya gelombang ketiga COVID-19 usai Natal dan Tahun Baru jika masyarakat lengah.

"Presiden kembali menekankan kepada kami semuanya agar betul-betul berhati-hati, dan menyiapkan seluruh langkah mitigasi apabila terjadi gelombang ketiga akibat libur Natal dan Tahun Baru, yang disebabkan oleh mobilitas masyarakat yang tinggi dan juga menurunnya efek imunitas pasca-vaksinasi," ujar dia.

2. Luhut yakin Indonesia bisa melalui pandemik dengan baik

Luhut: Jika Natal-Tahun Baru Dilewati dengan Baik, Indonesia EndemikMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini memahami, masyarakat sudah lelah menghadapi pandemik. Meski begitu, ia yakin Indonesia dapat melalui pandemik.

"Keberhasilan kita mengendalikan varian Delta hingga saat ini menegaskan bahwa Indonesia bisa mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan ke depan, jika kita melakukannya secara kompak," ucap Luhut.

3. Luhut minta masyarakat bahu-membahu atasi COVID-19

Luhut: Jika Natal-Tahun Baru Dilewati dengan Baik, Indonesia EndemikPetugas kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD) memeriksa tempat tidur pasien COVID-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/6/2021) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Karena itu, Luhut meminta masyarakat terus bahu-membahu mengatasi pandemik COVID-19 di Tanah Air.

"Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama, bahu-membahu, terus menjaga agar COVID-19 tidak kembali melonjak. Tetap gunakan masker, ajak keluarga, saudara, dan teman-teman yang belum divaksin untuk segera divaksin, dan jangan lupa untuk terus secara disiplin menggunakan PeduliLindungi," tutur dia.

Baca Juga: Luhut Curcol Pengendalian COVID-19 RI: Dulu Di-Bully, Sekarang Dipuji

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya