Comscore Tracker

Luhut: Kami Sudah Rancang Skenario Jika Capai 100 Ribu Kasus per Hari

Skenario yang saat ini dijalani untuk kasus hingga 60 ribu

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah telah menyiapkan skenario terburuk dalam penanganan pandemik COVID-19. Bahkan, jika kasus harian mencapai 100 ribu.

Kendati begitu, ia tidak berharap kasus harian di Indonesia mencapai angka 100 ribu ke depannya.

"Kalau kita bicara worse case scenario, untuk 60 ribu, kalau kita lebih sedikit 60 ribu, kita masih cukup oke, tapi kita tidak berharap 100 ribu, tapi kita sudah rancang dari sekarang kalau sampai ke sana," kata Luhut dalam keterangan persnya secara daring, Kamis (15/7/2021).

1. Pemerintah jalankan skenario untuk kasus harian capai 60 ribu per hari

Luhut: Kami Sudah Rancang Skenario Jika Capai 100 Ribu Kasus per HariPetugas tenaga kesehatan mengangkut jenazah dengan menggunakan protokol COVID-19 ke ambulans di kawasan permukiman dago Bandung, Jawa Barat, Senin (14/6/2021). ANTARA FOTO/Novrian Arbi.

Luhut menyampaikan, rancangan skenario terburuk yang sedang dijalani pemerintah saat ini adalah skenario untuk kasus harian hingga 60 ribu per hari. Dia berharap dalam waktu dekat ini kasus tidak mencapai 60 ribu per hari, karena pemerintah harus mempersiapkan skenario lain lagi jika itu terjadi.

"Karena kami sudah masuk dalam worst case scenario yang sudah kita duga kita akan naik di atas, ya kita berharap jangan lebih dari 60 ribu, karena itu nanti mesti ada perkiraan lain lagi," jelas Luhut.

Baca Juga: Luhut: Kasus Meroket Sudah Kita Duga, Tapi Tak Menduga Secepat Ini

2. Luhut minta semua pihak beri masukan, bukan hanya kritik

Luhut: Kami Sudah Rancang Skenario Jika Capai 100 Ribu Kasus per HariIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski demikian, Luhut tetap membuka pintu bagi semua pihak yang ingin memberikan saran. Ia meminta semua pihak tidak hanya memberikan kritik saja.

"Dikritik sampaikanlah ke kami, dan seperti mana saja yang minta ketemu kami untuk kasih masukan, kami sangat apresiasi, misalnya para porfesor guru besar dari UI, kami sangat terima kasih sekali mereka beri masukan pada kami. Dan itu memperkaya kami untuk membuat keputusan atau strategi yang pas dalam menghadapi varian Delta ini," ujar Luhut.

3. Luhut sebut Indonesia telah minta bantuan sejumlah negara

Luhut: Kami Sudah Rancang Skenario Jika Capai 100 Ribu Kasus per HariLuhut Binsar Pandjaitan. (maritim.go.id)

Luhut menyampaikan saat ini pemerintah sedang menjalani skenario terburuk dan sudah minta bantuan dari sejumlah negara, seperti Tiongkok, Singapura, Abu Dhabi, hingga Jepang.

"Kita sudah minta bantuan, saya berbicara dengan counterpart saya di Singapura, counterpart saya di Tiongkok, counterpart saya di Abu Dhabi. Kita bicara dengan mereka dan juga Jepang, dan bukan tidak minta bantu, kita minta bantu, tapi tentu bantuan-bantuan yang menurut kita tidak bisa kita tangani," tuturnya.

Baca Juga: Luhut: Lulusan Baru Dokter dan Perawat Bakal Terjun Tangani COVID-19

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya