Comscore Tracker

Luhut: Libur Pengganti Lebaran Usai COVID-19 Kemungkinan Akhir Tahun

Saat ini pemerintah sedang menghitung waktu yang tepat

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa pemerintah tengah menghitung kapan waktu yang tepat untuk mengganti libur Lebaran usai virus corona mereda. Dia mengatakan, kemungkinan libur pengganti tersebut akan diberikan di akhir tahun.

Usul libur pengganti mudik Lebaran itu disebutkan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam rapat terbatas yang membahas tentang mudik. Libur pengganti tersebut diberikan agar masyarakat bisa mudik ke kampung halaman.

1. Pemerintah sedang menghitung waktu yang tepat untuk libur pengganti Lebaran

Luhut: Libur Pengganti Lebaran Usai COVID-19 Kemungkinan Akhir TahunMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelum mengikuti rapat kabinet terbatas tentang hilirisasi industri produk-produk unggulan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/2/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Luhut mengatakan libur pengganti lebaran saat ini tengah dirumuskan oleh pemeritah.

"Mengenai liburan, ini sedang dihitung. Nanti mungkin diberikan lebih banyak di akhir tahun atau bagaimana. Sedang dihitung dan dirumuskan teknis," kata Luhut dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/4).

Baca Juga: Jokowi Minta Mendagri Tegur Kepala Daerah yang Lakukan Penutupan Jalan

2. Jokowi minta menterinya beri libur pengganti Lebaran

Luhut: Libur Pengganti Lebaran Usai COVID-19 Kemungkinan Akhir Tahun(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi sebelumnya memberikan masukan agar para menterinya bisa membuat hari libur nasional lainnya untuk menggantikan mudik lebaran usai pandemik virus corona berlalu. Sebab, pemerintah sudah mengimbau masyarakat untuk tidak pulang kampung selama pandemik virus corona masih menyebar ganas di Indonesia.

"Jangan sepotong-sepotong atau satu aspek saja atau sifatnya sektoral atau kepentingan daerah saja, tapi dilihat secara utuh baik dari hulu di tengah dan di hilir," kata Jokowi yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/4).

3. Jokowi minta tempat wisata digratiskan di libur pengganti Lebaran

Luhut: Libur Pengganti Lebaran Usai COVID-19 Kemungkinan Akhir Tahun(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Jokowi mengusulkan agar diberikan hari libur nasional pengganti lebaran, agar masyarakat bisa mudik di hari libur tersebut. Namun, hari libur nasional ditetapkan usai pandemik virus corona berakhir atau mereda.

"Saya melihat ini untuk mudik ini dalam rangka menenangkan masyarakat, mungkin alternatif mengganti hari libur nasional di lain hari untuk hari raya, ini mungkin bisa dibicarakan," ujar dia.

Baca Juga: Jokowi Siapkan Libur Pengganti Mudik Lebaran Usai Wabah COVID-19 Sirna

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya