Luhut Targetkan Kasus Harian COVID Sudah di Bawah 30 Ribu Pekan Depan

Luhut klaim pandemik di Indonesia masih terkendali

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan angka kasus harian COVID-19 di bawah 30 ribu. Sebab, ia melihat penambahan kasus harian dalam beberapa hari ini masih di atas 30 ribu kasus.

“Kami berharap mungkin dengan sekarang kelihatan, kita mencoba supaya betul-betul kalau bisa kasus ini jangan lebih dari 30 ribuan. Tapi dari 3 hari terakhir ini kita lihat sudah berkisar, selalu bermain di antara 33, 34, 38 mundur lagi dan seterusnya. Tapi tingkat kesembuhan kita lihat meningkat banyak,” ujar Luhut dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/7/2021).

1. Jika masyarakat disiplin, minggu depan diprediksi kasus sudah mulai menurun

Luhut Targetkan Kasus Harian COVID Sudah di Bawah 30 Ribu Pekan DepanSejumlah pasien menjalani perawatan di pelataran IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (23/6/2021). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi.

Luhut berharap kasus sudah mulai menurun minggu depan. Sehingga kasus COVID-19 di Tanah Air bisa kembali terkendali.

“Kita berharap juga dengan disiplin kita semua, dan vaksin program jalan, protokol kesehatan jalan, kombinasi semua ini pematuhan pada PPKM darurat, kita akan bisa bertambah baik,” harap Luhut.

Baca Juga: Daftar Lengkap Lokasi Vaksin COVID JAKI di Jakarta hingga 13 Agustus

2. Luhut sebut pemerintah akan tingkatkan vaksinasi di pinggiran-pinggiran kota

Luhut Targetkan Kasus Harian COVID Sudah di Bawah 30 Ribu Pekan DepanWarga yang juga pedagang pasar menerima suntikan vaksin COVID-19, di Pasar Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (22/6/2021). ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra.

Guna meningkatkan kekebalan komunal, pemerintah juga tengah menggencarkan program vaksinasi. Luhut menyampaikan, Indonesia telah mendapatkan sumbangan dari sejumlah negara, sehingga bulan ini mendapatkan 45 juta vaksin COVID-19.

“Kami sepakat akan peningkatan vaksinasi dilakukan oleh TNI-Polri dan dinkes, langsung ke daerah-daerah marginal. Jadi pinggiran-pinggiran kota, langsung tim akan menyuntikkan di sana dan itu saya kira bisa berjalan minggu ini,” ucap Luhut.

3. Luhut klaim kasus COVID-19 terkendali

Luhut Targetkan Kasus Harian COVID Sudah di Bawah 30 Ribu Pekan DepanMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Melihat penanganan COVID-19 yang dilakukan pemerintah, Luhut meyakini dalam 4-5 hari ke depan, situasi di Indonesia akan membaik. Sehingga, ia mengklaim bahwa pandemik di Tanah Air terkendali.

“Jadi kalau ada yang berbicara bahwa tidak terkendali keadannya, sangat-sangat terkendali. Jadi yang bicara tidak terkendali itu bisa datang ke saya. Nanti saya tunjukan ke mukanya bahwa kita terkendali,” tegas Luhut.

Baca Juga: Minta Mobilitas Diturunkan, Luhut: Banyak Zona Hitam di Jatim-Bali

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya