Malam-malam Jokowi Bagikan Paket Obat dan Sembako untuk Warga Sunter 

Jokowi harap masyarakat bisa tenang hadapi COVID-19

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo  mengunjungi warga di Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara, pada Kamis (15/7/2021) malam. Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi membagikan sembako untuk masyarakat dan paket obat gratis bagi warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

"Malam hari ini saya berada di Kampung Sunter Agung dalam rangka mengawali pemberian sembako kepada masyarakat yang akan diberikan menyeluruh, yang sudah kita siapkan 200 ribu ton beras yang akan disalurkan nanti dari Bulog," ujar Jokowi dalam keterangannya, yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (16/7/2021).

1. Jokowi juga membagikan paket obat bagi pasien COVID-19 yang isolasi mandiri

Malam-malam Jokowi Bagikan Paket Obat dan Sembako untuk Warga Sunter Presiden Jokowi bagikan sembako dan paket obat untuk warga Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021) malam (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Selain membagikan sembako untuk masyarakat tidak mampu, Jokowi juga membagikan paket obat gratis untuk pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri.

"Kedua, saya juga membagikan paket obat baik yang untuk gejala ringan paket 1, dan paket 2 untuk gejala sedang dan paket 3, yang pada awal ini kita akan membagikan 300 ribu paket obat itu," jelas Jokowi.

"Kemudian, nanti minggu depan akan diteruskan untuk paket kedua 300 ribu yang berikutnya," imbuhnya.

Baca Juga: Bagikan Paket Obat Gratis, Jokowi Wanti-wanti Jangan Diperjualbelikan

2. Jokowi harap dengan bantuan pemerintah, masyarakat bisa hadapi pandemik dengan tenang

Malam-malam Jokowi Bagikan Paket Obat dan Sembako untuk Warga Sunter Presiden Jokowi bagikan sembako dan paket obat untuk warga Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021) malam (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Dengan pembagian obat dan sembako kepada masyarakat tersebut, Jokowi berharap mereka bisa menghadapi pandemik COVID-19 yang saat ini melanda Indonesia.

"Kita harapkan dengan pembagian sembako ini dan juga paket obat-obatan dan vitamin, suplemen, masyarakat bisa lebih tenang dalam menghadapi penyebaran COVID-19 ini," ucapnya.

3. Pemerintah siapkan 300 ribu paket obat untuk pasien COVID-19 yang isolasi mandiri

Malam-malam Jokowi Bagikan Paket Obat dan Sembako untuk Warga Sunter Presiden Jokowi meresmikan peluncuran obat untuk pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri secara gratis pada Kamis (15/7/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pada Kamis, 15 Juli 2021, Presiden Jokowi telah meluncurkan pembagian paket obat gratis kepada pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri. Paket obat sebanyak 300 ribu itu akan diprioritaskan kepada masyarakat yang kurang mampu terlebih dahulu.

"Dalam rangka mengurangi laju penularan COVID-19, kebijakan PPKM Darurat tidak terhindarkan, pemerintah terus bekerja keras untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak," kata Jokowi seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/7/2021).

"Oleh karena itu, pemerintah memberikan bantuan mulai hari ini, berupa bantuan bahan pokok sembako lewat PKH dan lewat bantuan sosial tunai,  serta bantuan paket vitamin dan obat-obatan seperti ini," lanjutnya lagi.

Jokowi menuturkan, untuk tahap pertama ini paket obat yang dibagikan berjumlah 300 ribu paket. Paket tersebut khusus untuk yang melakukan isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali.

"Pemerintah mulai hari ini akan segera membagikan paket vitamin dan obat gratis untuk isolasi mandiri di wilayah-wilayah yang berisiko. Untuk tahap sekarang ini, yang akan dibagikan adalah 300 ribu paket untuk yang melakukan isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali, kemudian akan dilanjutkan dengan 300 ribu paket lagi untuk yang di luar Jawa," jelas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian menyampaikan, ada tiga jenis paket obat yang dibagikan dalam waktu tujuh hari. Paket 1 untuk warga tanpa gejala (OTG), paket 2 untuk warga dengan gejala demam dan hilang penciuman, dan paket 3 untuk warga dengan gejala demam dan batuk kering.

"Paket 1 berisi vitamin-vitamin untuk warga dengan PCR positif tanpa gejala atau OTG, ini paket 1. Kemudian paket 2 berisi vitamin dan obat dengan PCR positif disertai keluhan panas dan kehilangan penciuman. Untuk paket ini membutuhkan konsultasi dan resep dokter terutama nanti dokter puskesmas," terang Jokowi.

"Paket 3 berisi vitamin dan obat dengan PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering, paket ini membutuhkan konsultasi dan resep dokter," dia menambahkan.

4. Jokowi tegaskan paket obat dan vitamin tidak diperjualbelikan

Malam-malam Jokowi Bagikan Paket Obat dan Sembako untuk Warga Sunter Presiden Jokowi meresmikan peluncuran obat untuk pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri secara gratis pada Kamis (15/7/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi menegaskan, ketiga paket obat dan vitamin ini tidak diperjualbelikan. Pasokannya disiapkan oleh Menteri BUMN, dan produksinya dilakukan oleh BUMN farmasi.

"Kemudian pendistribusiannya akan dikoordinasikan oleh Panglima TNI yang nantinya akan berkoordinasi dengan pemda, desa, Babinsa dan pengurus RT/RW," ucap Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Wisma Kementerian Dijadikan Tempat Isolasi COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya