Ma'ruf Amin Klaim Dapat Jaminan Dukungan dari Ulama Pesantren

Dukungan ijtima ulama pada Prabowo-Sandi tak berpengaruh

Jakarta, IDN Times - Bakal calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan dirinya tengah sibuk melakukan kunjungan ke pesantren-pesantren di daerah. Ma'ruf mengklaim pihaknya telah mendapatkan jaminan dukungan dari ulama-ulama di pesantren.

Sehingga, ia mengaku tak khawatir dengan dukungan ijtima ulama kepada pesaingnya pada Pilpres 2019, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Selain itu, dukungan pada suatu pasangan calon adalah hak seseorang atau kelompok untuk memilih.

1. Ma'ruf telah mendapatkan jaminan dukungan dari ulama pesantren

Ma'ruf Amin Klaim Dapat Jaminan Dukungan dari Ulama PesantrenIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tentang dukungan ulama, Ma'ruf mengaku dirinya juga tengah melakukan kunjungan-kunjungan ke pesantren di daerah-daerah. Dari situlah, ia mengaku telah mendapatkan jaminan dukungan dari ulama-ulama di pesantren.

"Ya kita tuh semua pesantren, kok. Dari Pulau Jawa nih sudah semua. Kemarin nih saya keliling-keliling kemana-mana. Jadi saya sudah dapat jaminan," ucap Ma'ruf di Gedung High End, Jakarta Pusat, Senin (17/9).

Baca Juga: Serang Ma'ruf dan TGB, Gus Ipul: Hentikan Ceramah Yahya Waloni!

2. Dukungan ijtima ulama pada Prabowo-Sandi tak berpengaruh pada Jokowi-Ma'ruf

Ma'ruf Amin Klaim Dapat Jaminan Dukungan dari Ulama PesantrenIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonsia (MUI) itu menyebutkan, dukungan ijtima ulama kepada pasangan Prabowo-Sandi tak berpengaruh pada pasangannya.

"Bagi kami gak ada masalah ijtima ulama itu. Apalagi sebelumnya ada pertemuan ulama pesantren, ulama besar-besar, ulama yang pimpinan pesantren. Jadi buat kami, ijtima ulama II tidak memberi pengaruh apa-apa," ungkap dia.

3. Ma'ruf merasa tenang karena banyak kiai besar mendukungnya

Ma'ruf Amin Klaim Dapat Jaminan Dukungan dari Ulama PesantrenANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ma'ruf pun mempersilakan ulama dalam ijtima tersebut memberikan dukungannya kepada Prabowo-Sandi. Ia menyebut koalisinya sudah tenang karena banyak kiai besar yang telah mendulung Jokowi-Ma'ruf.

"Silakan saja. Silakan Anda mau ke sana, silakan. Mau ke sini silakan. Kita sudah tenang, karena kiai-kiai besar sudah mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Jadi senang sekali," klaim Ma'ruf.

Semoga dukungannya makin banyak ya, pak.

Baca Juga: Johan Budi Mundur dari Jubir Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya