Comscore Tracker

Ma'ruf Amin: Mereka Kebanyakan Menonton Mission Impossible

Ma'ruf Amin menanggapi isu Jokowi disebut pakai earpiece

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menanggapi isu yang menyebut Jokowi menggunakan earpiece ketika debat. Tudingan ini muncul karena Jokowi terlihat lebih lancar di debat kedua, dibandingkan debat pertama.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, sudah membantah tentang tudingan itu. Jokowi pun ikut membantah bahwa itu adalah fitnah yang tidak bermutu.

Dan kali ini, Ma'ruf ikut membantah isu yang dibangun bahwa Jokowi gunakan earpiece di debat kedua. Ma'ruf pun menyindir bahwa mereka yang menuding seperti itu terlalu banyak menonton film action.

1. Ma'ruf: Mungkin mereka kebanyakan nonton Mission Impossible

Ma'ruf Amin: Mereka Kebanyakan Menonton Mission ImpossibleDok.IDN Times/TKN Jokowi-Ma'ruf

Setelah isu Jokowi gunakan earpiece, muncul isu baru bahwa Ma'ruf akan menggunakan alat-alat canggih pada debat berikutnya.

"Saya ini kan gak pernah begitu-begitu ya, mungkin orang itu gimana ya, kok saya diisukan pecinya dipakein apa gitu, kacamatanya, padahal saya gak pernah begitu-begitu," kata Ma'ruf di Serang, Banten, Selasa (19/2).

"Jangan-jangan mereka kebanyakan nonton film. Mission impossible itu. Saya kan kiai, kiai itu kan apa adanya saja. Dan tidak mungkin Pak Jokowi mengggunakan yang begitu-begitu itu," lanjut dia.

Baca Juga: Ribuan Petani di Priangan Timur Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

2. Jokowi lancar karena menguasai materi

Ma'ruf Amin: Mereka Kebanyakan Menonton Mission ImpossibleDok.IDN Times/TKN Jokowi-Ma'ruf

Menurut Ma'ruf Amin, Jokowi bisa hafal materi debat karena Jokowi memang mengurus permasalahan yang dipertanyakan dalam debat. Jadi baginya wajar apabila Jokowi terlihat lancar.

"Beliau tahu semua data karena beliau pelaku, sebagai seorang presiden yang mengurusi semua itu, hari-hari mencatat prestasi dan perkembangannya, tentu hafal data," ujar Ma'ruf.

3. Ma'ruf sebut tudingan Jokowi gunakan earpiece kurang berdasar

Ma'ruf Amin: Mereka Kebanyakan Menonton Mission ImpossibleDok.IDN Times/TKN Jokowi-Ma'ruf

Ma'ruf menyampaikan, materi tentang debat kedua sudah ada di dalam kepala Jokowi. Sehingga, ia pun tak menyetujui tudingan dari berbagai pihak tentang Jokowi yang gunakan earpiece saat debat.

"Saya sudah bilang kalau itu semua ada di dalam kepalanya Pak Jokowi. Kalau saya adanya di luar kepala saya. Kalau beliau ada di dalem, karena sebagai orang yang melakukan. Menurut saya kurang berdasar itu (tudingan)," jelasnya.

4. Jokowi menyebut tudingan pakai earpiece adalah fitnah

Ma'ruf Amin: Mereka Kebanyakan Menonton Mission ImpossibleANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sebelumnya, Jokowi membantah isu yang menyebut dirinya menggunakan earpiece saat debat. "Ada-ada aja sih ini. Fitnah-fitnah seperti itu jangan diterus-terusin lah," kata Jokowi.

Bahkan, untuk membuktikannya, Jokowi menunjukkan sebuah pulpen ke sejumlah wartawan yang mengikuti kegiatannya hari ini. "Ini pulpen. Cek saja. Jangan buat isu, fitnah-fitnah yang enggak bermutu," tegasnya.

Baca Juga: Sentil Lahan Prabowo di Debat Capres, Ini Sikap KPU Terhadap Jokowi

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Just For You