Comscore Tracker

Ma'ruf Beri Sambutan Acara Maulid Nabi di Istana, Jokowi Mesem-mesem

Cak Imin juga ikut tersenyum

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menggelar acara peringatan Maulid Nabi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat malam (8/11). Acara tersebut dihadiri jajaran pejabat negara, tokoh agama, dan duta besar berbagai negara.

Uniknya, dalam acara tersebut, Jokowi yang biasanya memberikan sambutan justru memberikan kesempatan itu kepada Ma'ruf. Usai Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi memberi sambutan, giliran Ma'ruf memberikan sambutannya.

Menariknya, Jokowi terlihat antusias ketika Ma'ruf memberikan sambutan di hadapan hadirin. Ekspres Jokowi terlihat girang dan mendengarkan seksama kata demi kata yang dikeluarkan Ma'ruf.

Seperti apa momen langka ini selengkapnya?

Baca Juga: Anies Baswedan Buka Kongres NasDem, Jokowi Hadir di Bagian Penutup

1. Jokowi menganggukkan kepala hingga mesam-mesem saat mendengarkan sambutan Ma'ruf Amin

Ma'ruf Beri Sambutan Acara Maulid Nabi di Istana, Jokowi Mesem-mesemIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam acara yang digelar mulai pukul 19.00 WIB itu, semua tamu undangan hadir lebih dulu. Sementara, Jokowi dan Ma'ruf tiba bersamaan setelah tamu undangan hadir.

Acara diisi dengan pembacaan Alquran, pemaparan kisah Nabi Muhammad SAW, dan sambutan-sambutan. Menag Fachrul mendapat giliran pertama memberikan sambutannya.

Setelah Fachrul memberikan sambutannya, tiba giliran Ma'ruf. Mantan ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu berdiri dari kursinya dan berjalan menuju podium. Pakaian yang ia kenakan seperti biasanya, memakai sarung, sorban, dan peci hitam.

Jokowi yang saat itu duduk di kursi paling depan, tampak antusias dan seksama mendengar sambutan Ma'ruf. Dia duduk berdampingan dengan Fachrul yang berada di sisi kanannya, dan Ma'ruf di sebelah kirinya.

Sambutan yang diberikan Ma'ruf berkaitan tentang kemajuan Indonesia dengan mencontoh sikap Nabi Muhammad SAW. Jokowi sesekali terlihat mesam-mesem dan menganggukan kepala saat mendengarkan pidato Ma'ruf. Bahkan, sesekali Jokowi tertawa saat mendengar Ma'ruf begitu lancar memberikan sambutannya.

Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin yang berada di kursi deretan yang sama dengan Jokowi, juga tampak tersenyum memperhatikan sambutan Ma'ruf.

2. Ma'ruf menceritakan tentang Indonesia yang harus mencontoh perubahan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW

Ma'ruf Beri Sambutan Acara Maulid Nabi di Istana, Jokowi Mesem-mesemIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam sambutannya, Ma'ruf menceritakan Nabi Muhammad SAW yang merupakan tokoh perubahan. Rasulullah begitu cepat melakukan perubahan. Islam berubah dalam waktu 23 tahun di tangan Nabi.

"Apa yang dicapai oleh Rasul karena memang Beliau melakukan perubahan secara terus-menerus, berkelanjutan. Perbaikan ke arah yang lebih baik secara berkelanjutan," kata Wapres.

"Beliau melakukan perubahan dengan hati, akhlakul karimah, santun. Karena itu, Allah mengatakan, rahmat Allah yang diberikan kepadamu, kamu bisa berlaku santun kepada mereka. Andai kata kamu kasar, keras hati, pasti mereka akan lari," lanjut Ma'ruf.

3. Jajaran pejabat negara yang hadir di acara Maulid Nabi

Ma'ruf Beri Sambutan Acara Maulid Nabi di Istana, Jokowi Mesem-mesemIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain Jokowi dan Ma'ruf, acara peringatan Maulid Nabi ini juga dihadiri Menag Fachrul Razi dan wakilnya Zainut Tauhid; Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo; Menteri Sekretaris Negara Pratikno; Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar; Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah.

Pejabat setingkat menteri juga hadir di antaranya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz. Selain Muhaimin Iskandar, kalangan anggota legislatif juga hadir di antaranya Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan Jazilul Fawaid, Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Muzani.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan juga hadir dan sejumlah tokoh agama seperti Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Alwi Shihab. Tak hanya itu, hadir juga tamu perwakilan dari berbagai negara sahabat serta anak-anak dari panti asuhan.

Baca Juga: Jokowi: Kursi Wakil Panglima TNI Bisa Diisi Kapan Saja

Topic:

  • Teatrika Handiko Putri
  • Rochmanudin

Just For You