Masih Pandemik, Istana Gelar Upacara HUT ke-76 RI Secara Virtual Lagi

Petugas upacara 17 Agustus yang hadir ke Istana terbatas

Jakarta, IDN Times - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan tahun ini pemerintah akan kembali menggelar Upacara Peringatan 17 Agustus 1945 secara virtual. Adapun peserta yang hadir di Istana Negara jumlahnya terbatas, sementara masyarakat akan diundang mengikuti upacara melalui virtual.

Upacara secara virtual ini masih dijalankan pemerintah lantaran pandemik COVID-19 masih melanda Tanah Air. Kendati, Pratikno yakin semarak 17 Agustus tidak akan mati meski digelar secara virtual.

"Tahun ini sebenarnya kita berharap sudah bisa luring, tapi kenyataannya pandemik masih berlanjut, sehingga pemerintah masih menjalankan upacara digelar secara minimalis juga sesuai protokol kesehatan ketat dan masyarakat berpartisipasi secara daring," ujar Pratikno dalam keterangan pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: HUT RI ke-76, PLN Luncurkan Layanan Super Merdeka Listrik

1. Peserta upacara 17 Agustus berjumlah terbatas

Masih Pandemik, Istana Gelar Upacara HUT ke-76 RI Secara Virtual LagiKeluarga Kerajaan Bajeng memakai baju adat memimpin upacara memperingati Kemerdekaan RI di Kawasan Balla Lompoa Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat (14/8/2020). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Menurut Pratikno, tahun ini acara peringatan detik-detik Proklamasi dan penurunan bendera Merah Putih akan dilakukan seminimal mungkin seperti tahun lalu. Petugas upacara yang hadir di Istana juga terbatas.

"Namun Paskibraka tetap disiapkan dengan formasi lengkap. Seperti dulu 17-8-45. Tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat, dengan jarak anggota pasukan yang diperlebar dan lain-lain. Demikian juga dengan TNI-Polri," terang dia.

2. Pratikno berharap semarak 17 Agustus tetap meriah meski di tengah pandemik COVID-19

Masih Pandemik, Istana Gelar Upacara HUT ke-76 RI Secara Virtual LagiMenteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pratikno mengatakan meski pandemik masih melanda, namun semarak ulang tahun Kemerdekaan RI akan dikumandangkan selama sebulan ini. Acara-acara 17 Agustus, katanya, sudah ada sejak 2017.

Adapun acara-acara atau lomba yang dimaksud seperti pameran lukisan Istana, lomba memasak ikan, dan lomba menghias gapura. Ia berharap, semangat Hari Kemerdekaan RI tahun ini juga tidak pudar di tengah masyarakat.

"Selama sebulan penuh seluruh rakyat Indonesia beramai-ramai merayakan bulan kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang positif, dan bukan hanya kota-kota, di desa-desa berpartisipasi. Acaranya ada festival dan acara kenegaraan setiap hari ulang tahun kemerdekaan," ucap Pratikno.

3. Pratikno sebut acara festival Bulan Kemerdekaan setiap tahunnya berbeda-beda

Masih Pandemik, Istana Gelar Upacara HUT ke-76 RI Secara Virtual LagiMenteri Sekretariat Negara RI, Pratikno (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sejak 2017, ujar Pratikno, Istana memang selalu menggelar acara yang berbeda-beda. Acara yang sama setiap tahunnya hanya acara kenegaraan,
namun untuk festivalnya berbeda-beda, termasuk tahun ini.

"Bulan Kemerdekaan kita mulai 2017 selama sebulan penuh. Di awal Bulan Kemerdekaan kita memulai dengan doa kebangsaan. Itu di tanggal 1 Agustus. waktu 2017 ada pameran lukisan Istana dan lain-lain. Sambung tahun berikutnya," kata dia.

"Jadi setiap tahun kegiatan yang sifatnya festival itu berbeda-beda. Yang sama adalah doa kebangsaan, acara kenegaraan misalnya, pengukuhan paskibraka, penganugerahan tanda kehormatan, ada pidato kenegaraan, kemudian ada peringatan detik-detik Proklamasi, upacara penurunan bendera Merah Putih dan lain-lain," sambung Pratikno.

Baca Juga: HUT ke-76 Kemerdekaan, Polda Metro Dirikan 900 Gerai Vaksinasi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya