Mau Jadikan KTP Kartu Sakti, Sandiaga: Itu Terobosan Inovasi Digital

Sandiaga menyebut terobosan itu bisa menghemat anggaran

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, menjelaskan tentang inovasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang akan dijadikannya sebagai kartu sakti. Sandi menerangkan bahwa hal itu bisa menjadi terobosan baru di dunia digital.

"Single identifikasi number itu bisa menjadi terobosan inovasi dengan pendekatan digital sangat mudah dilakukan. Ke depan adalah tentang big data dan kita memiliki kemampuan itu," kata Sandiaga di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/3).

Menurutnya, Indonesia memiliki sumber daya manusia yang mumpuni, sehingga terobosan inovasi di era digital bisa direalisasikan. "Kita punya programmer yang canggih. Yang memiliki kemampuan khusus. Jadi itu harapan kita sukses," ucap Sandiaga.

Menurutnya, inovasi KTP menjadi kartu sakti itu bertujuan agar masyarakat tidak terbebani dengan banyak kartu. Dengan begitu, menurutnya, anggaran negara tidak semakin membengkak.

"Untuk KTP elektronik kan ada chip, ada digital ekonomi yang di belakang KTP kita. Kita akan gunakan KTP tersebut sebagai konsolidator program pemerintah, jadi belum cukup membawa kartu tersebut ke fasilitas pemerintah untuk mendapat layanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan," lanjut dia.

Baca Juga: Disindir Sandiaga dengan E-KTP, Ini Jawaban Ma'ruf Amin

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya