Megawati: Jangan Rendah Diri Menjadi Orang Indonesia

Kala Megawati bicara tentang millennials

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri biasanya berbicara mengenai politik dan masalah negara. Bagaimana ya jika Megawati bicara tentang generasi millennials? 

Megawati memulai ceritanya dengan empat cucunya yang akan menuntut ilmu di luar negeri. Meski tidak ada yang melarang menuntut ilmu setinggi-tingginya dan sejauh-jauhnya, Mega tetap mengingatkan agar anak bangsa tidak lupa dengan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia.

1. Mencari ilmu di luar boleh asal jangan lupa jati diri

Megawati: Jangan Rendah Diri Menjadi Orang IndonesiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Megawati bercerita saat menghadiri acara Atribusi Partai Galang Pemilih Muda Masa Depan Indonesia, di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/9). Kata Megawati, keempat cucunya akan belajar di luar negeri tahun ini. 

"Kalau dulu kita mencari ilmu baru, mampu hanya di dalam negeri. Tapi sekarang seharusnya kita boleh lebih melebarkan sayap kita sampai ke luar. Tapi satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah jati diri kalian," ucap Mega.

2. Tanggung jawab generasi muda adalah mandiri

Megawati: Jangan Rendah Diri Menjadi Orang IndonesiaIlustrasi millennials (Pixabay/sasint)

Selanjutnya, Megawati pernah menanyakan kepada para cucunya tentang tanggung jawab mereka sebagai generasi millennials. Mereka pun menjawab bahwa tanggung jawab generasi muda saat ini adalah mandiri, dan juga berguna bagi bangsa.

"Saya kebetulan sekali saya punya cucu itu memang anak-anak tanggung. Jadi mereka sangat tahu sekali yang namanya millennials begitu. Alhamdulillah juga mereka dekat dengan saya, jadi saya sering menggali, apa to millenials itu, apa to keinginannya?" kata Megawati.

Salah satu yang menjadi perhatian Megawati mengenai generasi millennials adalah kehidupan mereka di era kemerdekaan saat ini. Sebagian millennials, menurut Megawati, menjalani kehidupan mereka dengan bebas, tanpa batas.  "Lalu saya suka tanya, lalu tanggung jawab dan kewajibannya dimana? Mereka bilang, 'kita mandiri tapi kita ingin pintar.' Bagus!" lanjutnya.

Baca Juga: Dengar Polemik Debat Pilpres Pakai Bahasa Inggris, Megawati Tertawa

3. Megawati berpesan agar masyarakat Indonesia tak merasa rendah diri

Megawati: Jangan Rendah Diri Menjadi Orang IndonesiaIDN Times/ Teatrika Putri

Lebih lanjut, Mega mengatakan pernah ada seorang anak muda yang menyampaikan kepadanya bahwa rakyat Indonesia memang harus pintar. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia harus meniru gaya Amerika agar bisa lebih maju.

Mendengarkan pernyataan si anak tersebut, Mega tak setuju. "Karena kamu orang Indonesia. Orang Amerika melihat kita juga terkagum-kagum. Jadi Jangan rendah diri menjadi orang Indonesia," ujar Mega.

Baca Juga: Megawati Ingin Lagu "Meraih Bintang" Jadi Jingle Kampanye PDIP

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya