Menag: Ulama Bersedia Bantu Jokowi Klarifikasi Berita Hoaks

Para ulama siap bantu Jokowi tepis berita hoaks

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan, para ulama siap membantu Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam mengklarifikasi berita hoaks yang sering dilayangkan kepada capres petahana itu.

Hal ini disampaikan oleh Lukman usai menghadiri pertemuan Jokowi bersama ulama Aceh di Istana Negara, Selasa (5/3).

1. Ulama bersedia bantu Jokowi klarifikasi hoaks

Menag: Ulama Bersedia Bantu Jokowi Klarifikasi Berita HoaksIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pada pertemuan Jokowi bersama ulama, Lukman menyampaikan bahwa para ulama bersedia membantu klarifikasi hoaks yang beredar. Seperti Jokowi PKI, antek aseng, anti Islam, dan lain sebagainya.

"Mereka harapkan Presiden tidak lagi diam saja sikapi isu-isu yang tidak berdasar dan meminta Presiden lebih tegas menjawab dan klarifikasi. Dan ulama mendukung, bersedia sepenuhnya bantu Presiden mengklarifikasi," kata Lukman di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

2. Penyebaran hoaks bisa mengancam keutuhan bangsa

Menag: Ulama Bersedia Bantu Jokowi Klarifikasi Berita HoaksIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lukman menambahkan, Jokowi lalu mengingatkan agar kegiatan politik tidak dijadikan tempat menyebarkan hoaks. Karena menurut Jokowi, efeknya tidak hanya ke peserta Pemilu, melainkan bisa juga mengancam keutuhan bangsa.

"Akibatnya tidak hanya pada calon yang tampil apakah caleg atau capres. Ini menjadi pemahaman kita bahwa keragaman politik jangan sampai menimbulkan keutuhan bangsa terancam. Dan seluruh ulama mendukung," terang Lukman.

3. Kehadiran ulama sebagai bentuk dukungan atas kepemimpinan Jokowi

Menag: Ulama Bersedia Bantu Jokowi Klarifikasi Berita HoaksIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara, tokoh masyarakat dari Aceh sekaligus Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, pertemuan bersama ulama tersebut juga sebagai bentuk dukungan mereka atas kepemimpinan Jokowi. Kehadiran para ulama sekaligus mendoakan agar Jokowi bisa lanjut ke periode berikutnya.

"Dan mendoakan mudah-mudahan kepemimpinan Pak Jokowi ini bisa berlanjut ke depan," kata Surya Paloh di Istana Negara.

Selain itu, dalam pertemuan bersama ulama itu, kata Surya Paloh, Jokowi juga berharap agar para ulama bisa ikut membantu mengklarifikasi isu hoaks yang beredar.

"Beliau (Jokowi) mengharapkan para pemuka masyarakat bisa juga meluruskan berita-berita yang tidak pas ini," ujarnya.

4. Surya Paloh yakin dukungan ulama Aceh dapat meningkatkan elektabilitas Jokowi

Menag: Ulama Bersedia Bantu Jokowi Klarifikasi Berita HoaksIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Surya Paloh pun meyakini, dengan adanya sambutan positif dari para ulama Aceh, hal itu bisa meningkatkan elektabilitas Jokowi di Aceh.

"Insya Allah saya yakin, saya lahir di sana walaupun tak besar di sana. Tapi saya lihat daripada semua mereka yang hadir itu, merepresentasikan dari berbagai kalangan ulama yang ada di Aceh," jelas Surya.

Baca Juga: LSI: Jokowi Unggul di Pemilih Muslim yang Puas dengan Kondisi Ekonomi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya