Comscore Tracker

Mendagri Minta Bupati Mandailing Natal Kembali Bertugas

Jokowi tolak surat pengunduran diri Dahlan

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta kepada Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution untuk kembali bertugas sebagai bupati. Sebelumnya, Dahlan sempat mengirimkan surat pengunduran diri lantaran kecewa terhadap hasil Pilpres di Mandailing Natal.

Namun, surat pengunduran diri Dahlan tersebut ditolak oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Alasannya, surat pengunduran diri dari Dahlan tersebut tidak sesuai prosedur.

1. Tjahjo minta Dahlan kembali bertugas menjadi bupati

Mendagri Minta Bupati Mandailing Natal Kembali BertugasIDN Times/Istimewa

Tjahjo mengungkapkan, mundur dari jabatan adalah hak setiap orang. Namun ia menyebut bahwa alasannya harus jelas kenapa ingin mundur dari jabatannya di eksekutif.

Oleh karena itu, Tjahjo pun menyarankan agar Dahlan tetap melaksanakan tugasnya sebagai bupati. Dan tidak mundur dari kursi bupati hanya karena politik.

"Arah saya mungkin seyogyanya yang bersangkutan terus melanjutkan tugasnya sebagai bupati, arahnya nanti kalau ketemu, mudah-mudahan minggu depan ketemu," kata Tjahjo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

2. Kemendagri segera undang Dahlan untuk bertemu

Mendagri Minta Bupati Mandailing Natal Kembali BertugasIDN Times/istimewa

Menurut Tjahjo, pihaknya memang masih belum bertemu dengan Dahlan. Namun, Tjahjo menyebut salah satu dirjennya telah berkomunikasi dengan pemerintah daerah Sumatera Utara untuk mengundang Dahlan bertemu.

"Pada prinsipnya saya akan menjelaskan mekanisme pengunduran diri. Surat yang langsung dikirim ke Mendagri adalah salah, harusnya melalui DPRD dan sebagainya," jelas Tjahjo.

Baca Juga: Surat Pengunduran Diri Bupati Mandailing Natal Belum Diterima Mendagri

3. Dahlan mundur karena suara Jokowi di Mandailing Natal anjlok

Mendagri Minta Bupati Mandailing Natal Kembali BertugasDok. TKN

Sebelumnya, publik dikejutkan dengan kabar mundurnya Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution. Meski telah dikonfirmasi kebenarannya, Dahlan enggan menyebutkan secara gamblang alasan pengunduran dirinya.

Namun, dalam surat pengunduran diri yang ditujukan kepada Presiden dan Menteri Dalam Negeri itu, Dahlan sempat menyinggung tentang hasil Pemilu 2019 di Mandailing Natal. Dalam surat yang beredar di kalangan pewarta itu, Dahlan mengaku kecewa.

"Bahwa Pemilu di Mandailing Natal berjalan lancar, aman dan terkendali. Tapi hasilnya sangat mengecewakan dan tidak seperti yang diharapkan," tulis Dahlan dalam surat tersebut.

4. Jokowi menolak pengunduran diri Dahlan

Mendagri Minta Bupati Mandailing Natal Kembali BertugasDoc. TKN

Namun, pengunduran diri Dahlan pun dibatalkan oleh Jokowi. Dahlan diketahui telah mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden dan Menteri Dalam Negeri.

Menurut penuturan Ketua DPRD Kabupaten Mandailing Natal Marganti Batubara, Jokowi membatalkan pengunduran diri Dahlan dari kursi bupati melalui sambungan telepon. Hal itu diungkapkan Dahlan saat ditemui Marganti pada Minggu (21/4) malam.

Marganti mengatakan, Dahlan mengaku sudah ditelepon Presiden Jokowi yang menghubunginya melalui sambungan telepon menantunya, Bobby Afif Nasution. Pengunduran diri itu langsung ditolak.

“Jadi sudah langsung semalam Pak Presiden menelepon, gak usah resah lagi, itu tidak diterima suratnya,” ujar kader Partai Hanura itu, Senin (22/4).

Menurut Marganti, Dahlan sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memenangkan Jokowi. Namun sayangnya suara Jokowi kalah dari pesaingnya, Prabowo Subianto, di Mandailing Natal. “Tapi itulah, kita mau bagaimana lagi,” kata Marganti.

Baca Juga: Jokowi Tolak Pengunduran Diri Bupati Mandailing Natal Lewat Telepon

Topic:

  • Dwifantya Aquina

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You