Menhub: Ada 2 Titik Kemacetan Signifikan di Jalur Mudik

Dimana saja ya?

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memetakan titik-titik kemacetan yang akan terjadi saat mudik Lebaran. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi akan ada dua titik kemacetan yang paling signifikan.

Dimanakah kedua titik kemacetan tersebut?

1. Titik kemacetan di Tol Cipali dan jalur Pelabuhan Merak

Menhub: Ada 2 Titik Kemacetan Signifikan di Jalur MudikANTARA FOTO/ Reno Esnir

Budi menyampaikan, kemenhub memprediksi terdapat dua titik kemacetan yang signifikan pada arus mudik lebaran tahun ini. Titik pertama adalah di tol, tepatnya di tol Cipali. Kemudian, titik kedua yaitu jalur menuju Pelabuhan Merak.

"Kemacetan itu tadi memang banyak titik-titik. Tapi memang yang paling signifikan itu adalah dua. Satu, di Cipali, Cikampek. Dan yang satu lagi di Merak," terang Budi di Gedung DPR RI, Selasa (5/6).

2. Menhub segera meninjau lokasi titik kemacetan

Menhub: Ada 2 Titik Kemacetan Signifikan di Jalur MudikANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Budi pun mengatakan, jika dirinya bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menko PMK Puan Maharani, dan Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, akan segera meninjau lokasi untuk melihat jalur fungsional tersebut.

"Oleh karenanya, besok (Selasa) saya bersama Pak Basuki, bersama Bu Puan, bersama Kakorlantas akan ke Tegal. Kami akan lihat jalur fungsional tersebut sampai Semarang," kata Budi.

3. Kemenhub telah mengantisipasi di titik kemacetan

Menhub: Ada 2 Titik Kemacetan Signifikan di Jalur MudikIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Budi menjelaskan, agar kejadian kemacetan si pintu Tol Timur Brebes atau Brexit tidak terjadi lagi di tahun ini. Ia telah mengantisipasi beberapa cara untuk menghindari hal tersebut.

Budi menerangkan, cara pertama adalah jangan membiarkan kendaraan berada di satu titik, sehingga kemenhub akan menetapkan jalan yang lain. Kedua, manajemen waktu dan menyebar, jadi tidak disatu waktu. Ketiga, memberikan alternatif di jalur Pantai Utara (Pantai Utara) atau Pantai Selatan (Pansel)

"Keempat, mengoordinasikan secara detail, yang dipimpin oleh Kakorlantas, termasuk diantaranya mengarahkan apabila macet, kita arahkan ke jalan yang lain dan sebagainya. Jadi tahapan-tahapan itu akan kami lakukan," ujar Budi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya