Comscore Tracker

Menhub: Bandara Kertajati Bisa Difungsikan sebagai Bengkel Pesawat

Bandara tidak hanya akan digunakan untuk penumpang saja

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pemerintah akan memperluas penggunaan atau fungsi Bandara Kertajati Jawa Barat. Ia mengatakan, bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka tersebut, tidak hanya akan difungsikan sebagai bandara penumpang namun juga bengkel pesawat atau MRO (maintenance, repair, and overhaul).

"Nah yang paling strategis adalah kita mengusulkan agar Kertajati, difungsikan pada fungsi-fungsi yang lain yaitu MRO," kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (29/3/2021).

1. Kemenhub telah koordinasi dengan Panglima TNI dan KSAU terkait kegiatan MRI yang bisa manfaatkan fasilitas MRO

Menhub: Bandara Kertajati Bisa Difungsikan sebagai Bengkel PesawatPrajurit TNI dan anggota Basarnas mengeluarkan logistik untuk korban gempa bumi Mamuju dan Majene dari pesawat Hercules A 1321 TNI AU saat tiba di Bandara Tampa Padang, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Budi menyampaikan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan juga Kepala Staf Angkat Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo untuk memanfaatkan bandara Kertajati sebagai kegiatan MRO pesawat milik TNI oleh PT Garuda Maintenance Facility (GMF). Apalagi GMF telah memiliki lisensi untuk maintenance pesawat bermerk dari USA.

"Untuk memanfaatkan kegiatan MRO, atau perawatan pesawat pesawat milik TNI, di mana TNI dan GMF sudah melakukan koordinasi bahkan GMF sudah melakukan lisensi untuk memperbaiki pesawat-pesawat yang bermerek dari USA," ujar dia.

Baca Juga: Kargo Bandara Kertajati Hidup Lagi, Ridwan Kamil Yakin Ekonomi Pulih

2. Jokowi minta fasilitas MRO juga digunakan untuk pesawat milik pemerintah

Menhub: Bandara Kertajati Bisa Difungsikan sebagai Bengkel PesawatPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Budi menuturkan sesuai arahan Presiden Jokowi agar fasilitas MRO yang dibangun tidak hanya untuk pesawat milik TNI saja, melainkan pesawat-pesawat milik pemerintah.

"Pak Pesiden juga mengarahkan bahwa tidak saja pesawat TNI, tetapi juga seluruh pesawat instansi pemerintah seperti BNPB, Basarnas, Kementerian Perhubungan, juga kepolisian di pool di sana, sehingga maintenance relatif lebih baik," tutur Budi.

3. Fasilitas MRO juga akan disediakan bagi pesawat swasta

Menhub: Bandara Kertajati Bisa Difungsikan sebagai Bengkel PesawatMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 6 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selain itu, Budi mengatakan fasilitas MRO di Bandara Kertajati tidak hanya diperuntukan untuk pesawat milik TNI dan instansi pemerintah saja, tetapi juga pesawat swasta.

"Selain itu kita juga inginkan MRO, ini menjadi suatu MRO tidak saja untuk pemerintah, tapi yang akan datang juga akan digunakan untuk MRO, pesawat pesawat private yang selama ini melakukan perawatan di luar negeri," kata Budi.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Menhub Tambah Penerbangan ke Bandara Kuabang

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya