Menkes: 1,21 Juta Vaksin COVID-19 di Indonesia Kedaluwarsa

Vaksin yang kedaluwarsa adalah 98 persen vaksin donasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan saat ini terdapat 1,21 juta vaksin COVID-19 yang kedaluwarsa di Indonesia. Budi menuturkan, vaksin-vaksin tersebut berasal dari donasi negara-negara maju.

"Vaksin expired kita sampai bulan Desember ada 1,21 juta dosis. Dari 1,21 juta dosis ini, 1,1 jutanya adalah vaksin donasi gratis. Jadi 98 persen dari donasi gratis," kata Budi dalam Raker bersama Komisi IX DPR RI, Selasa (18/1/2022).

1. Indonesia dapat banyak vaksin donasi karena penyuntikan yang cepat

Menkes: 1,21 Juta Vaksin COVID-19 di Indonesia Kedaluwarsailustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Budi mengatakan Indonesia memang mendapatkan banyak donasi vaksin dari negara-negara maju. Donasi itu diberikan karena penyuntikan vaksin di Indonesia terbilang cepat.

"Itu yang menyebabkan kenapa akhir tahun tiba-tiba banyak yang dikirim ke kita. Dan saya posisinya kita ambil saja namanya gratis. Dan expiry date-nya berkisar antara satu bulan sampai tiga bulan. Jadi kita mesti cepat suntik. Itu sebabnya kenapa banyak yang kena kemarin 1,1 juta," ujar Budi.

Baca Juga: Komisi IX DPR RI Minta Vaksin Booster Bareng, Menkes Cekikikan

2. Budi sebut pemerintah akan memilah vaksin donasi

Menkes: 1,21 Juta Vaksin COVID-19 di Indonesia KedaluwarsaMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) berbincang dengan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono jelang rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/2/2021) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Karena banyaknya vaksin yang kedaluwarsa, Budi menyebut pemerintah saat ini akan memilah vaksin donasi sehingga tidak cepat kedaluwarsa.

"Berdasarkan pengalaman itu kita sekarang agak milih. At least 3 bulan. Tapi image Indonesia sebagai negara yang vaksinasinya cepat, itu jadi ada negara maju yang tinggal sebulan, dua bulan lagi itu tawarnya ke Indonesia," jelas Budi.

"Dan selama ini posisi kita ambil karena itu vaksin gratis dan itu adalah vaksin-vaksin bagus yang bisa kita berikan ke rakyat kita," lanjut dia.

3. Vaksin donasi yang kedaluwarsa adalah Moderna, Pfizer, AstraZeneca

Menkes: 1,21 Juta Vaksin COVID-19 di Indonesia Kedaluwarsailustrasi vaksin Pfizer (ANTARA FOTO/Fauzan)

Budi kemudian menyebutkan vaksin-vaksin donasi yang sudah kedaluwarsa tersebut seperti Moderna, Pfizer dan AstraZeneca. Sementara, untuk vaksin Sinovac yang dibeli pemerintah juga terdapat 16.909 dosis vaksin yang kedaluwarsa.

"Daerah-daerahnya paling besar adalah Jawa Barat 272 ribu, Jawa Tengah 148 ribu, Sulawesi Selatan 120 ribu, Jawa Timur 104 ribu, Banten 90 ribu dosis yang expired. Sisanya provinsi lain," jelas Budi.

Baca Juga: Menkes: Vaksinasi Ditargetkan Tercapai 450 Juta Dosis Akhir Juni Ini

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya