Comscore Tracker

Menkes: Indonesia Sedang Pelajari Cara Tiongkok Atasi Pandemik

Presiden Jokowi diskusi dengan lima gubernur

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pemerintah telah berdiskusi dengan kepala daerah untuk mengatasi pandemik COVID-19. Dia juga mengatakan pemerintah tengah mempelajari cara Tiongkok dalam mengatasi pandemik.

"Saya kebetulan diminta mendampingi Beliau (Presiden Joko "Jokowi" Widodo) dan melihat bagaimana kita bertukar pengalaman, melihat bagaimana China bisa mengatasi pandemik ini, India bisa mengatasi pandemik," kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2/2021).

Budi mengatakan, diskusi tersebut dilakukan bersama lima gubernur di Istana kemarin, Rabu, 3 Februari 2021. Mereka yakni Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur DI Yogyakarta, dan Gubernur Bali.

Baca Juga: Menkes Akui Sistem Testing COVID-19 Indonesia Salah secara Epidemologi

1. Pemerintah akan mengurangi laju penularan COVID-19, dengan memperbaiki dan mempersiapkan sarana kesehatan

Menkes: Indonesia Sedang Pelajari Cara Tiongkok Atasi PandemikMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Budi menerangkan, dari hasil diskusi itu ada beberapa langkah yang akan dilakukan pemerintah, guna mengurangi laju penularan virus corona. Salah satunya adalah mempersiapkan sarana kesehatan, seperti membenahi rumah sakit dan menyiapkan program vaksinasi.

"Tetapi misi utamanya perang menghadapi pandemik ini adalah mengurangi laju penularan," ujar Menkes.

2. Para gubernur juga mendiskusikan program mereka dalam mengatasi pandemik

Menkes: Indonesia Sedang Pelajari Cara Tiongkok Atasi PandemikSeorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Selain itu, kata Budi, dari diskusi bersama para gubernur juga dijelaskan tentang program-program yang telah mereka canangkan di masing-masing daerahnya. Seperti Jogo Tonggo, Kampung Tangguh, dan Desa Siaga.

"Yang dilakukan teman-teman di kabupaten/kota dan di desa-desa di provinsi-provinsi, yang sebenarnya sangat erat dengan budaya asli Indonesia dan sangat tepat, untuk menjawab bagaimana kita mengatasi pandemik ini dengan mengurangi laju penularan virus ini," ucap dia.

3. Menkes sebut penanganan COVID-19 hingga lingkup RT/RW sangat tepat

Menkes: Indonesia Sedang Pelajari Cara Tiongkok Atasi PandemikMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Budi mengatakan pemerintah juga ingin adanya langkah-langkah pendekatan mikro hingga ke tingkat RT/RW dalam menanggulangi pandemik. Menurut dia, penanganan COVID-19 hingga ke lingkup terkecil sangat tepat.

"Di komunitas terkecil di lingkungan keluarga, di lingkungan warga dan tetangga-tetangganya adalah inisiatif penanganan pendemik yang sangat baik dan sangat tepat, yang bisa menyeimbangkan antara perbaikan sektor kesehatan dengan mengurangi laju kecepatan penularan dan juga menjaga bagaimana masyarakat masih bisa hidupnya berjalan normal," ucap dia.

Baca Juga: Menkeu Potong Insentif Tenaga Kesehatan, Ini Respons Menkes

https://www.youtube.com/embed/4-W-Vig3J1I

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya