Menkes: Kasus COVID-19 Akan Terus Naik Hingga Akhir Juni

Kenaikan kasus karena libur panjang lebaran

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan terdapat kenaikan kasus aktif COVID-19 dalam minggu ini hingga akhir Juni mendatang.

"Ada peningkatan dan kemarin kita sudah menyentuh kembali angka 100 ribu kasus aktif, naik dari paling rendah kita sempat sampai di bawah 90 ribu," kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (31/5/2021).

1. Kenaikan kasus COVID-19 tidak sebanyak awal tahun

Menkes: Kasus COVID-19 Akan Terus Naik Hingga Akhir JuniMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Meskipun ada kenaikan kasus aktif, namun Budi menuturkan bahwa kenaikannya tidak sebanyak saat awal tahun. Menurut dia, kenaikan kasus aktif saat ini masih di bawah puncak kenaikan pada awal 2021.

"Jadi sudah ada kenaikan walaupun angka ini memang masih jauh di bawah angka puncak yang pernah kita capai di awal tahun yang berkisar di 170 ribu (kasus aktif)," ucap Budi.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Bertambah 5.662 Orang

2. Kenaikan kasus aktif disebabkan libur panjang Idul Fitri

Menkes: Kasus COVID-19 Akan Terus Naik Hingga Akhir JuniIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Budi menyampaikan trend kenaikan kasus ini karena adanya libur panjang saat Idul Fitri. Berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, setiap usai libur panjang selalu alami peningkatan kasus.

"Berdasarkan pengalaman empiris kita di setiap libur panjang sebelumnya yaitu libur panjang nataru, libur panjang Idul Fitri dan libur panjang lainnya tahun lalu, biasanya kenaikan itu akan mencapai puncaknya sekitar 5 sampai 7 minggu," kata Budi.

3. Kasus positif akan terus naik hingga akhir Juni

Menkes: Kasus COVID-19 Akan Terus Naik Hingga Akhir JuniIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan adanya kenaikan kasus aktif tersebut, Budi memprediksi hingga akhir Juni ini, akan ada kenaikan kasus positif. Oleh karena itu ia meminta masyarakat selalu menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Jadi kemungkinan akan adanya kenaikan kasus diperkirakan akan sampai puncaknya di akhir bulan (Juni) ini, sehingga arahan Bapak Presiden adalah dipastikan bahwa seluruh daerah tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan, 3M dengan baik," kata Budi.

Baca Juga: [UPDATE] 1.971 Pasien Positif COVID-19 Dirawat di Wisma Atlet

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya