Comscore Tracker

Menkes Minta Kepala Daerah Prioritaskan Vaksin untuk Lansia

Tujuannya agar angka kematian berkurang

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta kepala daerah untuk terus menggenjot program vaksinasi. Ia juga meminta agar program vaksinasi di daerah-daerah diprioritaskan bagi kalangan lansia atau lanjut usia.

"Saya minta kepada seluruh gubernur, kepala daerah, bupati, wali kota, untuk segera mempercepat program vaksinasinya, tolong dipastikan itu diprioritaskan ke lansia," kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

1. Budi minta vaksinasi untuk lansia diprioritaskan agar angka kematian berkurang

Menkes Minta Kepala Daerah Prioritaskan Vaksin untuk LansiaPresiden Joko Widodo, bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin, dan Menkominfo Johnny G. Plate memantau vaksinasi bagi awak media dosis pertama yang sudah dilaksanakan pada 25-27 Februari 2021. (Dok. Kominfo))

Menurut Budi, dengan memprioritaskan vaksinasi untuk kalangan lansia, maka angka kematian juga bisa dicegah. Sebab, beberapa wilayah seperti Kudus dan Sumatra Selatan, yang alami kenaikan tinggi pada angka kematian.

"Kalau kita bisa prioritaskan vaksinasi ke lansia, Insyaallah yang masuk rumah sakit akan jauh berkurang, Insyaallah yang wafat juga akan banyak berkurang," jelas Budi.

2. Budi sebut vaksinasi di Indonesia capai 500 ribu per hari

Menkes Minta Kepala Daerah Prioritaskan Vaksin untuk Lansiailustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Mengenai perkembangan vaksinasi sendiri, Budi mengatakan bahwa jumlah vaksinasi bisa tembus 27 juta. Ia menyampaikan, vaksinasi di Indonesia sendiri saat ini sudah bisa menyentuh 500 ribu per hari.

"Alhamdulillah bulan ini kita memiliki stok yang ada di tangan sekitar 20 juta, jadi kalau dibagi 30 hari mampulah kita menyuntik sebanyak 500 sampai 650 ribu suntikan per hari," ujar mantan Wakil Menteri BUMN itu.

3. Usai Lebaran, kasus aktif COVID-19 alami peningkatan

Menkes Minta Kepala Daerah Prioritaskan Vaksin untuk LansiaIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Terkait perkembangan kasus COVID-19, Budi mengatakan, terdapat kenaikan kasus aktif COVID-19 dalam minggu ini. Ia menyampaikan, kenaikan kasus akan terus terjadi hingga akhir Juni mendatang.

"Ada peningkatan dan kemarin kita sudah menyentuh kembali akan 100 ribu kasus aktif, naik dari paling rendah kita sempat sampai di bawah 90 ribu," kata Budi.

Dengan adanya kenaikan kasus aktif tersebut, Budi memprediksi hingga akhir Juni ini, akan ada kenaikan kasus positif. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk selalu menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Jadi kemungkinan akan adanya kenaikan kasus diperkirakan akan sampai puncaknya di akhir bulan (Juni) ini, sehingga arahan Bapak Presiden adalah dipastikan bahwa seluruh daerah tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan, 3M dengan baik," ujar Budi.

Baca Juga: Tambah 8 Juta Vaksin, Erick Klaim Vaksinasi RI 'Top' di Asia Tenggara

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya