Comscore Tracker

Menko Airlangga: Relaksasi PSBB sedang Disiapkan BNPB

Relaksasi PSBB diberikan agar perekonomian tetap jalan

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menginginkan perekonomian tetap berjalan meski ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Saat ini BNPB tengah menggodok formula relaksasi PSBB.

1. Pemerintah tengah menyiapkan exit strategy dari pandemik COVID-19

Menko Airlangga: Relaksasi PSBB sedang Disiapkan BNPBMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) bersama Gubernur BI Perry Warjiyo (kiri) dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso memberikan keterangan pers sesuai bertemu dengan Presiden Joko Widodo terkait penanganan dampak virus corona terhadap sektor ekonomi Indonesia di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Airlangga mengaku pemerintah telah memprediksi pertumbuhan ekonomi memang akan terjadi demand shock akibat COVID-19. Dia melanjutkan, apalagi di kuartal II pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

"Sehingga pemerintah juga sedang mempersiapkan exit strategy dari pandemi COVID-19 itu sendiri agar masalah di kesehatan tidak merembet ke sektor-sektor lain," kata Airlangga dalam keterangan persnya usai rapat terbatas bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Kabinet RI, Selasa (5/5)..

2. Aturan relaksasi PSBB tengah digodok BNPB

Menko Airlangga: Relaksasi PSBB sedang Disiapkan BNPBMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) berbincang dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan (kiri) sebelum mengikuti rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Airlangga menerangkan dampak dari wabah ini juga terefleksi dari turunnya tingkat konsumsi rumah tangga. Tak hanya itu, kegiatan ekspor impor juga menurun karena adanya kebijakan lockdown di sejumlah negara. 

Oleh karena itu, pemerintah tengah menyiapkan relaksasi PSBB agar roda perekonomian tetap berjalan di tengah PSBB.

"Kemudian persiapan untuk relaksasi menggunakan masker dan yang lain sesuai standar COVID dan ini sedang disiapkan oleh BNPB," tutur Airlangga.

3. Mahfud sebut relaksasi PSBB harus tetap perhatikan protokol kesehatan

Menko Airlangga: Relaksasi PSBB sedang Disiapkan BNPBMenkopolhukam Mahfud MD (Dok. Humas Menko Polhukam)

Wacana relaksasi PSBB dilontarkan oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Mahfud mengatakan pemerintah akan membuat relaksasi PSBB agar sektor perekonomian tidak macet.

Namun Mahfud belum menjelaskan seperti apa aturan dari relaksasi PSBB tersebut. Dia hanya mengatakan apabila relaksasi PSBB sudah diterapkan protokol kesehatan harus tetap dilakukan.

"Karena di berbagai tempat itu berbeda, ada yang begitu ketat orang mau gerak ke sana gak bisa, orang mau cari uang gak bisa, mau ini tidak bisa. Tapi, di tempat lain ada orang yang melanggar dengan begitu mudahnya," kata Mahfud dalam keterangan per yang diunggah dalam sebuah video, Minggu (3/5).

Mahfud mengatakan relaksasi PSBB bukan berarti melanggar protokol kesehatan.

Baca Juga: PSBB Kota Cimahi Berakhir 6 Mei, Selanjutnya Ikut PSBB Jabar

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya