Comscore Tracker

Menko PMK Minta Antisipasi Terjadinya Kerumunan di PON XX Papua

Muhadjir minta agar protokol kesehatan tetap dilakukan

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta adanya antisipasi kerumunan penonton di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Antisipasi perlu ditingkatkan terutama saat pembukaan dan pertandingan berlangsung.

“Dari aspek keamanan, perlu diantsiispasi terjadinya kerumunan penonton. Khususnya saat pembukaan dan pertandingan, terutama yang  melibatkan tim tuan rumah. Di samping itu perlu dilakukan pengamanan infrastruktur dan konten informasi,” ujar Muhadjir dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (27/9/2024).

Baca Juga: Medali Pertama Sulsel di PON dari Cabor Sepak Takraw

1. Muhadjir minta pembukaan penonton tetap perhatikan protokol kesehatan

Menko PMK Minta Antisipasi Terjadinya Kerumunan di PON XX PapuaMenko PMK Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers di Kantor Presiden (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Meskipun pertandingan PON XX dapat dihadiri oleh 25 persen penonton, namun Muhadjir mengingatkan protokol kesehatan tetap dilakukan dengan ketat agar tidak menimbulkan klaster COVID-19.

“Akan dilakukan sinkronisasi aturan Instruksi Mendagri terkait dengan keputusan bahwa pertandingan dapat dihadiri oleh 25 persen dari kapasitas venue dan sudah mendapatkan vaksin tahap kedua,” jelasnya.

Baca Juga: Mahfud Pastikan PON XX Papua Digelar dalam Situasi Aman

2. Pemerintah genjot vaksinasi di wilayah PON hingga di atas 70 persen

Menko PMK Minta Antisipasi Terjadinya Kerumunan di PON XX PapuaSuasana vaksinasi COVID-19 massal di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/6/2021). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.

Bukan hanya itu, Muhadjir menyebut pemerintah akan terus menggenjot vaksinasi di wilayah PON. Sebab, target pemerintah, vaksinasi harus berada di atas 70 persen.

“Vaksin dengan target di atas 70 persen akhir September 2021 di klaster atau lokasi-lokasi di mana event PON dan Papernas diselenggarakan,” terang Muhadjir.

3. Muhadjir minta kementerian/lembaga tingkatkan koordinasi soal fasilitas PON XX

Menko PMK Minta Antisipasi Terjadinya Kerumunan di PON XX PapuaPengguna jasa bandara bersama petugas mencoba permainan interaktif yang disediakan area promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini meminta seluruh kementerian dan lembaga untuk berkoordinasi dengan PB PON terkait fasilitas selama PON XX.

“Meminta seluruh kementerian/lembaga agar berkoordinasi dengan PB PON terkait seluruh tambahan dukungan yang akan disediakan kementeria/lembaga, seperti rencana penambahan hotel terapung, penambahan tempat kuliner oleh kementerian tertentu, dan lain-lain,” ucap Muhadjir.

Baca Juga: Warga Madura Tolak Swab Suramadu, Muhadjir: Kooperatiflah, Mau Diatur

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya