Comscore Tracker

Menko PMK Minta Kemenkes Kirim Tambahan Dokter Bantu Korban Semeru

Sebanyak 80 persen korban alami luka bakar

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memerintahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengirimkan bantuan peralatan bagi korban erupsi Gunung Semeru. Sebab, kata Muhadjir, dengan kondisi luka bakar para korban, mereka tidak bisa dibawa ke rumah sakit karena lokasi yang cukup jauh.

"Kita meminta bantuan dokter spesialis dan dokter sub spesialis untuk menangani, kemudian dokter bedah plastik, kemudian perawat yang sudah pengalaman merawat orang terbakar, dan seterusnya. Tadi saya sudah meminta Pak Menkes untuk segera mengirimkan bantuan-bantuan itu," kata Muhadjir seperti dikutip dari siaran pers Kemenko PMK, Senin (6/12/2021).

1. Muhadjir sebut korban luka bakar capai 80 persen

Menko PMK Minta Kemenkes Kirim Tambahan Dokter Bantu Korban SemeruMenko PMK Muhadjir Effendy kunjungi korban erupsi Gunung Semeru (Dok. Kemenko PMK)

Muhadjir menuturkan korban cedera akibat erupsi Gunung Semeru di RSUD Pasirian banyak yang mengalami luka bakar parah. Selain itu, ada pula korban cedera yang tertimpa reruntuhan bangunan.

"Bahkan ada korban yang alami luka bakar sampai 80 persen. Karena itu, ini sedang kita perhatikan secara khusus untuk korban-korban ini yang terbakar," tuturnya.

Sebagai informasi, RSUD Pasirian telah menampung sedikitnya 16 pasien korban luka bakar akibat terkena dampak awan panas guguran Gunung Semeru. Sebanyak 6 orang mengalami luka bakar hingga 80 persen.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru: 2 Orang Hilang dan 10 Terjebak Abu Tebal

2. Pemerintah akan tangani korban yang mengungsi secara maksimal

Menko PMK Minta Kemenkes Kirim Tambahan Dokter Bantu Korban SemeruMenko PMK Muhadjir Effendy kunjungi korban erupsi Gunung Semeru (Dok. Kemenko PMK)

Muhadjir mengatakan saat ini pemerintah juga akan menangani korban yang mengungsi secara maksimal. Penyediaan tempat pengungsian yang layak, kebutuhan logistik, dan dapur umum sudah dilakukan oleh BNPB bersama Kemensos, dan pemerintah daerah.

"Untuk mereka yang masih, yang ditampung di Kantor Kelurahan, itu saya minta malam ini juga dipindahkan ke sekolah. Karena kalau di sekolah kan lebih tertutup di ruang-ruang kelas. Malam ini juga akan ditangani," ucap Muhadjir.

3. Pemerintah fokus selamatkan korban erupsi Gunung Semeru

Menko PMK Minta Kemenkes Kirim Tambahan Dokter Bantu Korban SemeruMenko PMK Muhadjir Effendy kunjungi korban erupsi Gunung Semeru (Dok. Kemenko PMK)

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Budaya (Mendikbud) ini menyampaikan bahwa saat ini pemerintah fokus menyelamatkan korban erupsi Gunung Semeru.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, setiap ada bencana seperti ini yang diprioritaskan adalah keselamatan korban. Terutama mereka yang cedera, yang kesakitan itu harus betul-betul mendapatkan perawatan maksimal. Sehingga terselamatkan," kata Muhadjir.

Baca Juga: Mensos Risma Bantu Tambal Jalan Akibat Erupsi Semeru

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya