Comscore Tracker

Menlu Beberkan Rincian Klaster WNI yang akan Datang dari Luar Negeri

Mulai dari WNI di Malaysia, ABK, hingga jamaah tablig India

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan pemerintah sudah siap dengan kedatangan warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri. Retno menjelaskan, terdapat sejumlah klaster kepulangan WNI dari luar negeri, seperti WNI dari Malaysia, anak buah kapal (ABK), hingga dari Arab Saudi.

Pemulangan WNI tersebut tentu akan diawasi oleh pemerintah. Tak hanya itu, menurut dia, pemerintah juga akan mengawal setiap pintu masuk untuk dilakukan protokol kesehatan.

1. Sebanyak 72.966 WNI dari Malaysia dipulangkan ke Indonesia

Menlu Beberkan Rincian Klaster WNI yang akan Datang dari Luar NegeriHumas Kementerian Luar Negeri

Retno menyampaikan, pemerintah saat ini sudah siap dengan pemulangan 72.966 WNI dari Malaysia. Pemulangan WNI dari Malaysia tersebut terhitung sejak 18 Maret 2020 hingga 10 Mei 2020.

"Yang menggunakan jalur laut 65 persen, jalur darat 20 persen, dan jalur udara 15 persen," kata Retno dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin (11/5).

Baca Juga: Jokowi Setuju Asrama Haji untuk Tempat Karantina WNI dari Luar Negeri

2. Selain ABK, pemerintah juga akan menangani jamaah tablig di India

Menlu Beberkan Rincian Klaster WNI yang akan Datang dari Luar Negeri(Menlu Retno Marsudi) Dokumentasi Kementerian Luar Negeri

Selanjutnya, klaster kedua yaitu ABK WNI yang juga akan dipulangkan ke Indonesia. Retno menyebut ABK sudah kembali sejak kemarin sebanyak 14.244 orang. Mereka, lanjut Retno, kembali ke Indonesia dengan jalur udara melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Ngurah Rai, juga melalui pelabuhan Benoa dan Tanjung Priok.

Selain itu, Retno menuturkan bahwa pemerintah juga akan menangani jamaah tablig di India. Sebab, jamaah tablig yang hadir bukan hanya dari Indonesia.

"Dapat saya sampaikan bahwa jamaah tablig warga negara asing di India tak hanya berasal dari Indonesia tetapi juga berasal dari Bangladesh, Malaysia, Kirgizstan, Thailand, dan lain-lain. Negara-negara yang saya sebutkan tadi adalah negara yang memiliki jamaah tablig yang cukup besar lebih dari 100," ucap Retno.

3. Kedatangan para WNI dari luar negeri yang pulang ke Indonesia masih akan terus berlangsung

Menlu Beberkan Rincian Klaster WNI yang akan Datang dari Luar NegeriMenlu Retno Marsudi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Tak hanya itu, pemulangan WNI juga berasal dari sejumlah negara lain. Retno menyebutkan seperti dari Arab Saudi 922 orang, dari Kuwait 164 orang, dari Aljazair 391 orang, Kairo telah pulang 75 orang, dan akan ada penambahan 333 orang.

"Malam ini ada kepulangan dari Bangladesh 196. Terakhir yang dapat saya sampaikan bahwa kedatangan saudara-saudara kita dari luar negeri masih akan berlangsung ke depan," jelasnya.

Baca Juga: Menlu Retno Temukan Dugaan Pelanggaran HAM pada WNI ABK Kapal Tiongkok

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya