Menpora Kaget Dana Kemah Pemuda Islam Dipermasalahkan

Menpora sudah bertemu Dahnil Anzar

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi terkejut kegiatan Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia 2017 dipermasalahkan penggunaan anggarannya. Kasus ini kini tengah ditangani Polda Metro Jaya. 

"Tentu saya sangat terkejut sebab selama ini tidak menemukan adanya permasalahan pada kegiatan yang digelar tahun lalu," ujarnya ketika ditemui usai menghadiri prosesi wisuda Universitas Sunan Giri Surabaya di Dyandra Convention Center, Surabaya, seperti dikutip Antara, Minggu (25/11). 

1. Kemah dan Apel Pemuda Islam adalah gagasan Menpora

Menpora Kaget Dana Kemah Pemuda Islam DipermasalahkanIDN Times/Ardiansyah Fajar

Imam mengatakan, kegiatan Kemah dan Apel Pemuda Islam 2017 yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo merupakan inisiasinya untuk menguatkan silaturahmi dan ukhuwah islamiah antara Pemuda Muhammadiyah dan Gerakan Pemuda Ansor. 

Menurut dia, momentum tersebut adalah sangat bersejarah, bahkan dihadiri 20.000-an peserta yang pelaksanaannya terbilang cukup sukses. Bahkan, kata dia, dampaknya sangat bermanfaat tidak hanya bagi dua ormas Islam terbesar di Tanah Air (Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama), tetapi juga untuk bangsa Indonesia. 

2. Menpora sudah bertemu Dahnil Anzar

Menpora Kaget Dana Kemah Pemuda Islam Dipermasalahkan(Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak) ANTARA FOTO/Reno Esnir

Ia melanjutkan, acara ini sudah sesuai prosedur. Dana sudah diberikan ke Pemuda Muhammadiyah dan GP Ansor sehingga dapat dipertanggungjawabkan.  

"Makanya, saya kaget ada persoalan sekarang ini dan tidak tahu indikasinya apa. Akan tetapi, saya sudah bertemu dengan Dahnil Anzar yang menyampaikan kemungkinan karena atmosfer menjelang Muktamar Pemuda Muhammadiyah," ucapnya. 

Baca Juga: Polda Metro Jaya: Dahnil Anzar Sudah Kembalikan Dana Kemah Rp2 Miliar

3. Dahnil Anzar dimintai keterangan penyidik Polda Metro Jaya

Menpora Kaget Dana Kemah Pemuda Islam DipermasalahkanIDN Times/Irfan Fathurohman

Dahnil Anzar Simanjuntak adalah ketua umum Pemuda Muhammadiyah yang sempat dimintai keterangan oleh penyidik Polda Metro Jaya pada Jumat (23/11) lalu terkait dengan dugaan penyimpangan dana Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia di Pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah, 16-17 Desember 2017. Dahnil dipanggil oleh polisi dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk kasus dugaan penyelewengan dana kegiatan kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia.  

Bersama Ketua Panitia Kegiatan Kemah Apel Pemuda Islam 2017, Ahmad Fanani, Dahnil dikawal sejumlah orang yang mengenakan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam). Sementara itu, Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah XVII akan dilaksanakan pada 25-28 November 2018 di Yogyakarta. 

4. Pengembalian dana Rp2 miliar

Menpora Kaget Dana Kemah Pemuda Islam Dipermasalahkan(Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar) ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Terkait dengan pengembalian dana Rp2 miliar dari Pemuda Muhammadiyah ke Kemenpora, menteri asal Madura tersebut mengaku belum mengetahui secara detail. Namun,mekanismenya akan diserahkan ke Biro Keuangan karena butuh kajian serta telaah mendalam. 

Sebelumnya diberitakan, menurut keterangan dari Kepala Subdirektorat Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Bhakti Suhendrawan, Dahnil telah mengembalikan uang Rp2 miliar ke Kemenpora. Dana itu, sempat diminta oleh PP Muhamadiyah untuk penyelenggaraan acara.  

"Hari ini (uang Rp2 miliar) dikembalikan," kata Bhakti pada Jumat kemarin.  

Ia tidak menjelaskan secara rinci soal anggaran yang sebagian dikembalikan oleh Dahnil itu. Namun, ia mengatakan total anggaran yang digelontorkan untuk penyelenggaraan acara Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia oleh Kemenpora itu mencapai Rp5 miliar.  

Kemenpora, kata, Bhakti menerima dua proposal untuk kegiatan itu yakni Rp2 miliar dan Rp3 miliar melalui GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah. 

Baca Juga: Dahnil Azhar Diperiksa, Kapolda Metro Jaya Bantah Ada Muatan Politis

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya