Mensesneg Pratikno Ketemu KSAD Andika di Mabes TNI AD, Bahas Panglima?

Pratikno berkeliling Mabes TNI AD bareng Jenderal Andika

Jakarta, IDN Times - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa di Markas Besar TNI AD. Kunjungan Pratikno itu diketahui dalam video yang ditayangkan kanal YouTube TNI.

Mengenai kunjungan Pratikno itu, Staf Khusus Mensesneg, Faldo Maldini, mengatakan ada beberapa pembahasan yang dilakukan. Namun, ia tidak menjawab apakah pada pertemuan tersebut turut dibahas pergantian Panglima TNI.

“Tentunya ada pembicaraan lainnya, ada pembicaraan kenegaraan, terutama terkait pemulihan pandemik,” ujar Faldo saat dihubungi IDN Times, Senin (11/10/2021).

1. Pratikno berkeliling melihat Mabes TNI AD dengan Andika

Mensesneg Pratikno Ketemu KSAD Andika di Mabes TNI AD, Bahas Panglima?Mensesneg Pratikno berkunjung ke Mabes TNI AD. (youtube.com/TNI AD)

Dalam video tersebut, terlihat Pratikno tengah mengitari Mabes ditemani oleh Andika. Bahkan, Pratikno sempat mengungkapkan ketertarikannya pada dunia arsitektur pada Andika.

Keduanya juga sempat melihat ikan arwana yang ada di taman baru Mabes TNI AD. Tak hanya itu, Pratikno juga sempat mencoba alat fitnes yang ada di Mabes tersebut.

“Terus ngetes alat gym-nya KSAD. Pak Menteri Pratikno kan punya taglineI'm sixty, I'm sixpack’. Kalah kita yang jauh lebih muda ini. Dua pemimpin kita ini dapat dijadikan teladan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran, menghadapi pandemik ini,” tutur Faldo tanpa menyebut kapan pertemuan Pratikno dan Andika terjadi.

Baca Juga: DPR Berharap Jokowi Sudah Tunjuk Panglima Baru TNI Sebelum 9 November

2. Jokowi belum putuskan nama Panglima TNI

Mensesneg Pratikno Ketemu KSAD Andika di Mabes TNI AD, Bahas Panglima?(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Pratikno mengatakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo belum memutuskan kandidat yang akan menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Dia menuturkan, masih ada waktu untuk Jokowi memutuskan sebelum masa pensiun Hadi tiba di akhir November 2021.

“Kita akan lakukan secepatnya karena waktunya masih cukup untuk pergantian Panglima, Panglima itu kan pensiun, masa jabatannya sampai akhir November. Jadi kita masih cukup punya waktu,” kata Pratikno di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Dia mengaku juga sudah berkoordinasi dengan Ketua DPR RI Puan Maharani terkait pengusulan surat Panglima TNI. Dia meminta waktu kepada DPR, dan mengatakan akan segera mengirim surat soal Panglima TNI.

“Tadi kami juga sudah koordinasi dengan Ibu Ketua DPR untuk pengusulan surat Panglima itu, yang jelas kita akan lakukan secepatnya dan ada waktu bagi DPR,” ujarnya.

3. Yudo Margono dan Andika Perkasa digadang-gadang jadi calon kuat Panglima TNI

Mensesneg Pratikno Ketemu KSAD Andika di Mabes TNI AD, Bahas Panglima?ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Dari tiga kepala staf angkatan, hanya ada dua nama yang digadang-gadang menggantikan Hadi sebagai Panglima TNI, yaitu Kepala Staf AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Bahkan, sejumlah politikus sudah melemparkan pernyataan yang terkesan meng-endorse Andika. 

Namun, Ketua DPR Puan Maharani berjanji Panglima TNI yang terpilih dan diberikan restu oleh parlemen bukan karena faktor politis. Melainkan, karena kepentingan organisasi dan rakyat secara luas.

Puan juga menggarisbawahi pemilihan Panglima TNI baru tetap merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. 

"Siapa pun nama calon Panglima TNI yang akan dikirim Presiden, DPR berharap dia adalah yang terbaik bagi organisasi TNI dan rakyat. Sehingga TNI sebagai alat pertahanan negara bisa melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia,” ujar Puan dikutip dari keterangan tertulis, Senin (20/9/2021). 

Apalagi, kata Puan, peran TNI sangat vital di dalam perjalanan bangsa Indonesia. Kehadirannya semakin krusial saat ini karena ada beberapa tantangan yang dihadapi mulai dari penanganan COVID-19, ancaman militer asing hingga penanganan keamanan di Papua. 

"Kita berharap panglima ke depan melaksanakan kebijakan pertahanan negara untuk mengatasi persoalan-persoalan itu," tutur perempuan pertama yang duduk sebagai Ketua DPR tersebut. 

Baca Juga: Sejarah Pembentukan TNI dan Ini Panglima Pertamanya 

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya