Menteri Jokowi Bahas COVID-19 di Lagoi, 300 Kamar Hotel Dipesan

Siapa saja yang hadir?

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan sejumlah menteri dan pimpinan lembaga akan menggelar rapat rapat koordinasi pimpinan (Rakorpim) penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional di Lagoi, Kepulauan Riau, pada Jumat (25/9/2002) hingga Sabtu (26/9/2020).

"Betul (ada Rakor di Lagoi). Saya ikut dari kantor," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, saat dihubungi IDN Times, Jumat (25/9/2020).

1. Sebagian hadir secara fisik dan sebagian hadir secara virtual

Menteri Jokowi Bahas COVID-19 di Lagoi, 300 Kamar Hotel DipesanMuhadjir Effendy memberikan keterangan pers di komplek Istana Negara pada Senin. (13/7/2020) (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Muhadjir mengatakan sebagian menteri akan hadir secara tatap muka dan sebagian lainnya mengikuti rapat secara virtual. "Saya kira begitu (sebagian hadir fisik, sebagian secara virtual," kata Muhadjir.

Selain Muhadjir, Menteri Sosial Juliari Batubara juga akan menghadiri rapat hari ini secara virtual. "Saya hadir secara virtual," ujar Juliari saat dikonfirmasi IDN Times, Jumat (25/9/2020). 

Baca Juga: 253 Orang Positif COVID-19 dari Klaster BUMN, Terbanyak di Pegadaian

2. Daftar para menteri yang ikut Rakorpim

Menteri Jokowi Bahas COVID-19 di Lagoi, 300 Kamar Hotel DipesanInstagram.com/jokowi

Selain Menteri Muhadjir dan Menteri Sosial Juliari Batubara, sejumlah menteri lain juga akan mengikuti rapat koordinasi ini.

Menteri Juliari mengatakan beberapa menteri yang akan hadir yaitu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, serta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

3. Sebanyak 300 kamar hotel di daerah wisata Lagoi terisi

Menteri Jokowi Bahas COVID-19 di Lagoi, 300 Kamar Hotel Dipesan(Ilustrasi kawasan resor Lagoi Bay di Bintan) www.bintan-resorts.com

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Wan Rudi, mengatakan sebanyak 300 kamar hotel di daerah wisata Lagoi terisi dengan kehadiran sejumlah menteri dan pimpinan lembaga. Wan Rudi pun mengapresiasi dipilihnya Lagoi sebagai lokasi acara ini karena dapat menggairahkan bisnis pariwisata.

Sebab, selama pandemik COVID-19, kondisi perhotelan di kawasan tersebut sepi dari kunjungan wisatawan khususnya turis dari luar negeri. 

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat, mudah-mudahan ini jadi langkah awal pemulihan sektor pariwisata di era new normal," kata Wan Rudi, seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (25/9/2020).

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah mengatakan bahwa rakorpim itu bertujuan untuk melakukan evaluasi, monitoring, dan pengawasan atas kinerja dalam memulihkan ekonomi di masa pandemik COVID-19 yang menghantam Indonesia sejak awal tahun 2020.

“Rakorpim bertempat di One Tree Hill Laguna Bintan Resort, Kawasan Lagoi, Bintan yang akan dibuka oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto,” ujarnya saat menjemput para Menteri di Bandara Internasional RHF Tanjungpinang, Kamis sore.

Baca Juga: UGM Ciptakan GeNose, Alat Pendeteksi COVID-19 Melalui Embusan Napas

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya