Comscore Tracker

Meski Banyak Dikritik, Nadiem Diprediksi Masih Aman di Kabinet Jokowi

Nadiem keren di Gojek tapi kurang pas di Kemendikbud

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tengah menjadi sorotan, menyusul adanya isu reshuffle atau perombakan menteri kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Banyak pihak mempertanyakan, apakah mantan bos Gojek itu akan bertahan di kabinet atau terdampak reshuffle jilid II.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin sempat menyampaikan, Nadiem kemungkinan akan bertahan di kabinet Jokowi. Selain Nadiem, Bahlil juga kemungkinan akan beralih menjadi Menteri Investasi oleh Presiden Jokowi.

"Sebetulnya menteri-menteri millenial ini kan presiden sudah tahu mereka miliki prestasi, termasuk Pak Bahlil, Menteri Mas Nadiem. Ini orang-orang berprestasi yang sudah diketahui presiden, jadi gak usah ragu," kata Ngabalin saat dihubungi IDN Times, Rabu, 14 April 2021.

Lalu, apakah secara politis posisi Nadiem bisa dikatakan aman?

Baca Juga: Sudah Rembukan dengan Ma'ruf, Jokowi Segera Reshuffle Kabinet Jilid 2?

1. Secara politis posisi Nadiem disebut aman

Meski Banyak Dikritik, Nadiem Diprediksi Masih Aman di Kabinet JokowiMendikbud Nadiem Makarim (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Direktur Eksekutif Politican Review Ujang Komarudin mengatakan, Nadiem memang kerap mendapatkan banyak kritikan. Menilai dari kinerjanya, dia menyebut, menteri berusia 36 tahun itu layak masuk kandidat reshuffle.

Namun, lanjut Ujang, jika melihat dari sisi politik, kemungkinan besar posisi Nadiem masih tetap aman. Tetapi risikonya akan besar ketika Jokowi masih mempertahankan Nadiem di kursi Mendikbud.

"Ketika banyak kritik dari publik, maka posisi Nadiem sedang goyang dan dianggap tak cocok memimpin Kemendikbud. Jika Nadiem tak kena reshuffle, maka bisa saja ke depannya akan banyak mendapat sorotan dan cemooh dari rakyat. Nadiem memang hebat di Gojek, tapi tak hebat di Kemendikbud," ujar Ujang kepada IDN Times, Kamis (15/4/2021).

2. Menristek Bambang Brodjonegoro berpeluang dijadikan Kepala Badan Otorita IKN

Meski Banyak Dikritik, Nadiem Diprediksi Masih Aman di Kabinet JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain itu, Ujang juga menilai, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro akan digeser menjadi kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Sebab, Bambang sudah masuk ke dalam kandidat kepala Badan Otorita IKN.

"Karena kementeriannya dilebur, Bambang Brojonegoro akan digeser, kemungkinan dia akan dijadikan kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara yang baru. Karena dia waktu jadi menteri Bappenas pernah diminta Jokowi untuk buat dan urus Ibu Kota Negara baru di Kalimantan tersebut," jelas dia.

3. Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menaker Ida Fauziyah disebut layak diganti

Meski Banyak Dikritik, Nadiem Diprediksi Masih Aman di Kabinet JokowiMenteri BUMN Erick Thohir (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Bukan hanya Nadiem yang kinerjanya disoroti, Ujang menuturkan, ada beberapa menteri yang kinerjanya kurang baik dan perlu diganti. Seperti Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah, dan Menteri Desa dan Daerah Tertinggal Halim Iskandar. Bahkan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

"Namun semua tergantung Jokowi. Apakah hanya akan me-reshuffle kementerian yang dilebur dan Kementerian Investasi. Ataukah melebar dan meluas ke kementerian lainnya," ujar Ujang.

Baca Juga: Isu Reshuffle Merebak, DPR Nilai Kinerja Nadiem Makarim Bagus

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya