Meski Diberi Penghargaan, Fahri Hamzah Ngaku Akan Tetap Kritik Jokowi

Perbedaan pendapat bukan berarti harus saling bermusuhan

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, mengaku tetap mengkritik pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo meskipun telah mendapatkan penghargaan Bintang Tanda Jasa dari orang nomor satu di Indonesia itu. Kendati begitu, ia menyebut bahwa menjaga perbedaan pendapat bukan berarti bermusuhan.

"Ini bukan berarti saya berhenti mengkritik. Saya akan terus mengkritik karena presidennya menghargai kritik," kata Fahri di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2020).

1. Fahri katakan presiden harus menonjolkan persatuan dan kesatuan RI

Meski Diberi Penghargaan, Fahri Hamzah Ngaku Akan Tetap Kritik JokowiFahri Hamzah dan Fadli Zon memberikan keterangan pada pers setelah Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan RI di Istana Negara pada Kamis (13/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Fahri menjelaskan, proses pemberian penghargaan tersebut sesuai dengan prosedur yang diatur di dalam Undang-Undang. Dia menerangkan, dengan adanya perbedaan pendapat, maka bukan berarti harus saling bermusuhan.

"Kesan-kesan itulah yang harusnya ditonjolkan presiden sebagai kepala negara, dalam situasi COVID di mana kita harus bersatu menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang ada," tuturnya.

Baca Juga: Ini Toh Alasan Jokowi Beri Penghargaan pada Fadli Zon-Fahri Hamzah

2. Fahri ingatkan pemerintah tak boleh anti kritik

Meski Diberi Penghargaan, Fahri Hamzah Ngaku Akan Tetap Kritik JokowiIDN Times/Margith Juita Damanik

Kendati demikian, Fahri mengingatkan tentang pemerintah yang memang tidak boleh anti kritik. Ia mengatakan, kritikan publik harus diterima dengan baik oleh pemerintah.

"Tadi juga disampaikan presiden menghormati kritik. Jadi ini juga pelajaran bagi semua orang di dalam pemerintahan supaya menghormati kritik. Kalau presiden saja menghormati kritik, harusnya yang lain juga menghormati kritik," jelas dia.

3. Fadli Zon sebut akan tetap menjaga check and balances di pemerintahan

Meski Diberi Penghargaan, Fahri Hamzah Ngaku Akan Tetap Kritik JokowiMantan Wakil Ketua DPR Fadli Zon (IDN Times/Dimas Fitra Dirgantara)

Sementara, Fadli menuturkan, penghargaan yang diberikan oleh Jokowi kepadanya sebagai penghargaan kepada rakyat juga. Menurut dia, dengan adanya penghargaan itu, harus tetap menjaga demokrasi ke depannya.

"Jadi, kami ucapkan terima kasih atas pengakuan terhadap demokrasi kita, dengan tadi berbagai perbedaan itu sebenarnya adalah potensi kita untuk maju dan tetap kuat melakukan check and balances," ungkap Fadli di lokasi yang sama.

Baca Juga: Sempat Heboh, Jokowi Resmi Beri Penghargaan Fadli Zon dan Fahri Hamzah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya