Minta Masyarakat Salat Idulfitri di Rumah, Menag Ungkap Prediksi BIN 

Menag minta masyarakat taati aturan

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan dirinya mendapatkan laporan dari Badan Intelijen Negara (BIN) yang menyebut akan ada pelonjakan kasus positif virus corona apabila masyarakat melaksanakan salat idulfitri di luar rumah.

"Tadi BIN memberikan prediksi kalau kita masih melakukan salat Id di luar akan terjadi pelonjakan angka penularan COVID-19 yang sigifikan," kata Fachrul dalam keterangan pers usai rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (19/5).

1. Infeksi rata-rata Indonesia masih di atas angka 1, sehingga tidak boleh ada relaksasi

Minta Masyarakat Salat Idulfitri di Rumah, Menag Ungkap Prediksi BIN Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi tiba di Kemenko PMK (IDN Times/Shemi)

Fachrul menyampaikan bahwa angka infeksi rata-rata Indonesia (infection rate R0) masih di atas angka 1 atau sekitar 1,11, sehingga masih belum boleh melakukan relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

"Beberapa info dari WHO bahwa yang biasanya bisa melakukan relaksasi itu di bawah 1 jadi kalau di bawah satu baru mulai berpikir relaksasi, tapi kalau masih di atas 1,11 maka tidak boleh ada relaksasi," jelas Fachrul.

2. Menag: Ancaman COVID-19 tidak boleh mengganggu kegembiraan Idulfitri

Minta Masyarakat Salat Idulfitri di Rumah, Menag Ungkap Prediksi BIN Menteri Agama, Fachrul Razi saat di Masjid Al-akbar Surabaya, Kamis (13/2). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Dalam menyambut Idul Fitri di tengah pandemik COVID-19 ini, Fachrul pun telah mengeluarkan beberapa imbauan kepada masyarakat. Salah satunya masyarakat diminta tetap gembira menyambut Idul Fitri di tengah pandemik.

"Ancaman COVID-19 tidak boleh mengganggu kegembiraaan kita menyambut hari kemenangan idulfitri," kata Fachrul.

3. Menag imbau masyarakat tak mudik dan salat Id di rumah

Minta Masyarakat Salat Idulfitri di Rumah, Menag Ungkap Prediksi BIN Menteri Agama Fachrul Razi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 26 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Di dalam imbauannya itu, Fachrul juga mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan mudik Lebaran. Ia meminta silaturahmi dilakukan di media sosial saja.

"Jangan mudik dan salat idulfitri di rumah saja. Lebaran di rumah saja, silaturahmi via medsos. Konsisten dengan protokol COVID-19," pesan Fachrul.

Baca Juga: Arab Saudi Berlakukan Lockdown Saat Hari Raya Idulfitri

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya