Moeldoko Lantik 5 Deputi Kantor Staf Presiden hari Ini

Kelima deputi ini dipilih langsung oleh Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko melantik lima deputi Kantor Staf Presiden (KSP) di Gedung Bina Graha Jakarta, Senin (22/6). Pelantikan deputi tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/M Tahun 2020 tentang Pengangkatan Deputi di Lingkungan Kantor Staf Presiden.

Pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yaitu mengenakan masker, menjaga jarak, dan membatasi undangan yang hadir.

1. Moeldoko sebut penilaian deputi tidak berdasar suka atau tidak suka

Moeldoko Lantik 5 Deputi Kantor Staf Presiden hari IniDok. Kantor Staf Presiden

Dalam sambutannya, Moeldoko menuturkan amanah diberikan atas dasar sebuah prestasi. Menurut dia, jabatan deputi di lingkungan KSP melalui penilaian yang panjang.

“Saya ingin membangun tradisi agar regenerasi dalam KSP menjadi baik dan semua punya kesempatan menjadi deputi. Organisasi ini agar berjalan lebih baik, tidak ada penilaian yang subjektif bukan atas dasar suka atau tidak suka,” ujar Moeldoko di Gedung KSP, Senin (22/6).

Baca Juga: Moeldoko Sebut Pekerja Migran Warga Negara VVIP

2. Jabatan deputi di KSP memiliki tanggung jawab besar dalam membantu kerja Presiden dan Wakil Presiden

Moeldoko Lantik 5 Deputi Kantor Staf Presiden hari IniDok. Biro Pers Kepresidenan

Moeldoko mengungkapkan, jabatan deputi di KSP memiliki tanggung jawab sangat besar dalam membantu kerja Presiden dan Wakil Presiden. Terutama di masa pandemik saat ini, tentu dibutuhkan kerja keras, cepat, dan tepat untuk menanggulangi persoalan yang ada.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan setidaknya terdapat empat sektor yang harus menjadi perhatian para deputi agar penanganan COVID-19 dapat optimal. Keempat sektor tersebut seperti sektor kesehatan terkait ketersediaan obat, perluasan testing dan tracing.

"Faktor sosial juga harus mendapat perhatian khusus. Faktor ini berhubungan dengan ketepatan bansos, pengendalian angka kemiskinan, dan daya beli masyarakat. Berbagai insentif dan stimulus diberikan pemerintah, agar semua bisa berjalan dengan baik," jelasnya.

Selain itu, Moeldoko juga menyampaikan bahwa para deputi juga harus bisa menjaga ketahanan pangan, stabilitas ekonomi, UMKM, dan investasi, Sehingga ekonomi tetap bergerak dan tumbuh di tengah pandemik ini.

3. Moeldoko yakin KSP bekerja dengan baik karena formasi deputi sudah lengkap

Moeldoko Lantik 5 Deputi Kantor Staf Presiden hari IniDok. Kantor Staf Presiden

Dengan formasi deputi yang sudah lengkap, Moeldoko meyakini para deputi bisa menjalankan tugas dengan baik. Sehingga, para deputi dituntut mampu menjalankan transformasi leader yaitu menjadi role model tim kedeputian yang dipimpinnya.

"Seorang deputi harus bisa menciptakan iklim kerja kreatif dan inovatif sehingga timnya dapat memberikan masukan out of the box," ungkap Moeldoko.

4. Nama-nama kelima deputi yang dilantik Moeldoko

Moeldoko Lantik 5 Deputi Kantor Staf Presiden hari IniDok. Kantor Staf Presiden

Berikut kelima deputi yang dilantik oleh Moeldoko hari ini:

1. Febry Calvin Tetelepta sebagai Deputi I Deputi I Bidang Infrastruktur, Energi, dan Investasi
2. Abetnego Panca Putra Tarigan sebagai Deputi II Bidang Pembangunan Manusia
3. Panustan S Sulendrakusuma sebagai Deputi III Bidang Perekonomian
4. Juri Ardiantoro sebagai Deputi IV Bidang Informasi dan Komunikasi Politik
5. Jaleswari Pramodhawardani sebagai Deputi V Bidang Politik, Hukum,  Pertahanan, Keamanan, dan Hak Asasi Manusia

Baca Juga: Kasus Novel, KSP: Presiden Beri Kepercayaan Tinggi pada Penegak Hukum

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya