Momen Jokowi Ikut Tanam Bibit Jagung Bareng Petani di Sorong

Jokowi menanam bibit di ladang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo menanam benih jagung bersama para petani. Kegiatan itu dilakukan saat Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sorong, Papua Barat, pada Senin (4/10/2021).

Dengan mengenakan kemeja putih, celana hitam dan sneakers khasnya, Jokowi tampak berjalan sambil menanam bibit dengan menggunakan alat.

“Pagi hari ini saya berada di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, bersama-sama Ketua DPR, Menteri Pertanian, dan juga gubernur. Di Provinsi Papua Barat memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai daerah produsen utama komoditas pertanian di Indonesia Timur,” kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

1. Jokowi minta Mentan dan Gubernur Papua Barat untuk tingkatkan produktivitas pertanian

Momen Jokowi Ikut Tanam Bibit Jagung Bareng Petani di SorongPresiden Jokowi menanam bibit di Kabupaten Sorong, Papua Barat (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menyampaikan, Papua Barat memilik 11 ribu hektare lahan tanaman jagung dan 7 juta hektare tanaman pangan dan holtikultura. Namun, ia menyayangkan karena dari lahan seluas itu pemanfaatannya baru 33 persen.

“Karena itu tadi saya sudah meminta kepada Menteri Pertanian, kepada Gubernur Papua Barat untuk meningkatkan lagi produktivitas pertanian yang ada di Kabupaten Sorong dan juga di seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat,” ujar Jokowi.

“Untuk meningkatkan kapasitas produksi, mengubah sistem tanam dari satu kali setahun jadi dua kali setahun atau tiga kali setahun agar kebutuhan pangan di Tanah Papua bisa disiapkan oleh Pulau Papua sendiri,” lanjut dia.

Baca Juga: Momen Jokowi Lahap Nikmati Jagung Rebus saat Kunker di Sorong

2. Jokowi ingin petani-petani millennials bisa menjadi motor penggerak di sektor pertanian

Momen Jokowi Ikut Tanam Bibit Jagung Bareng Petani di SorongPresiden Jokowi menanam bibit di Kabupaten Sorong, Papua Barat (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Mantan Wali Kota Solo ini berharap para petani millennials bisa bergabung dan menjadi motor penggerak di sektor pertanian. Dia menyebut sekitar 800 petani millennials dilatih untuk menggerakkan sektor pertanian.

“Saya yakin jika mereka ini diberi kepercayaan akan mampu menciptakan ketahanan pangan utamanya di Provinsi Papua Barat dan nanti di seluruh Tanah Air,” jelasnya.

3. Jokowi sebut akan perluas akses modal hingga penggunaan teknologi pertanian

Momen Jokowi Ikut Tanam Bibit Jagung Bareng Petani di SorongPresiden Jokowi menanam bibit di Kabupaten Sorong, Papua Barat (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan pemerintah akan terus meningkatkan penggunaan teknologi pertanian, memperluas akses modal usaha, hingga memperbanyak pelatihan petani.

“Ini yang akan kita harapkan meningkatkan produktivitas kita utamanya memang yang ditanam hari ini semuanya jagung karena kebutuhan jagung kita, baik untuk pangan maupun untuk makanan ternak memang masih memerlukan tambahan,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Bakal Bangunkan Rumah buat Suku Asmat di Merauke

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya