Comscore Tracker

Momen Jokowi Membeli Kepitingnya, Yatiman: Bagaikan Mimpi

Jokowi membeli kepiting saat di Cilacap

Jakarta, IDN Times - Sebuah momen tak biasa terekam saat Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkunjung ke Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis (23/9/2021). Di sela kunjungan kerjanya, Jokowi ternyata menyempatkan diri untuk membeli kepiting langsung dari nelayan.

Nelayan yang beruntung itu bernama Yatiman. Dia mengaku senang dan tidak menyangka akan bertemu dengan Presiden Jokowi dan hasil tangkapannya dibeli oleh orang nomor satu di Indonesia itu.

Lalu, bagaimana momen saat Jokowi membeli kepiting dari nelayan tersebut?

Baca Juga: Survei: Kepuasan Atas Kinerja Jokowi dan Pelaksanaan Demokrasi Turun

1. Yatiman mengaku seperti mimpi bisa bertemu dengan Jokowi

Momen Jokowi Membeli Kepitingnya, Yatiman: Bagaikan MimpiPresiden Jokowi membeli kepiting dari seorang nelayan di Cilacap, Jawa Tengah. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, video berdurasi 55 detik itu memperlihatkan Jokowi tengah memegang seikat kepiting yang ia beli dari Yatiman. Aktivitas jual beli itu dilakukan Jokowi di tepi sungai. Saat itu Yatiman dan seorang temannya tengah menaiki perahu kayu, sementara Jokowi mengambilnya di tepi sungai.

Ketika mengambil kepiting, mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat berbincang-bincang sebentar dengan Yatiman. Kemudian, Jokowi terlihat menyerahkan sebuah amplop putih kepadanya.

Warga sekitar yang menyaksikan peristiwa itupun bersorak dan bertepuk tangan. Dengan menenteng seikat kepiting, Jokowipun meninggalkan tepian sungai itu.

"Seperti mimpi sajalah," kata Yatiman usai kepitingnya dibeli oleh Jokowi.

Kepada Yatiman, Jokowi juga sempat berpesan untuk selalu berhati-hati dan menjaga protokol kesehatan.

"Makasih sudah datang ke sini, Pak Presiden," tuturnya.

2. Jokowi juga menaiki perahu kecil untuk menyeberang sungai saat di Cilacap

Momen Jokowi Membeli Kepitingnya, Yatiman: Bagaikan MimpiSaat Presiden Jokowi Naik Perahu Seberangi Sungai untuk Sapa Warga di Cilacap, Jawa Tengah pada Kamis (23/9/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain membeli kepiting langsung dari nelayan, Jokowi juga secara spontan menaiki perahu kayu kecil untuk menyeberang sungai.

Awal kegiatan Jokowi di Cilacap yaitu menanam pohon mangrove bersama masyarakat. Tak terduga, untuk bisa menyapa masyarakat, Jokowi sampai menaiki sebuah perahu kecil bersama tiga nelayan dan seorang paspampres.

Menurut keterangan Sekretariat Presiden, di luar agenda yang direncanakan, Presiden Jokowi menyempatkan diri menaiki perahu rakyat untuk menyeberangi sungai demi menyapa warga secara langsung. Jokowi harus rela menaiki perahu kecil itu karena warga berada di seberang sungai.

"Presiden Jokowi naik perahu bersama tiga nelayan dan hanya didampingi oleh Komandan Grup A Paspampres Anan Nurakhman," tulis keterangan Sekretariat Presiden, Kamis (23/9/2021).

Dalam cuplikan video singkat di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi tampak berdiri di atas perahu kecil tersebut. Saat perahu mulai berjalan perlahan, masyarakat terdengar berteriak senang.

"Yeay, asik," kata mereka saat melihat Jokowi menaiki perahu

Lalu, Jokowi pun menyapa warga yang meneriakkan namanya.

Baca Juga: Tujuh Nelayan Terdampar di  Perairan Sumbawa Akibat Kapal Pecah

3. Jokowi diagendakan tanam magrove, tinjau vaksinasi hingga lepas tukik di Cilacap

Momen Jokowi Membeli Kepitingnya, Yatiman: Bagaikan MimpiPresiden Jokowi membeli kepiting dari seorang nelayan di Cilacap, Jawa Tengah. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kunjungan kerja Jokowi di Cilacap lalu, ia diagendakan menanam pohon mangrove di Desa Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara. Usai menanam pohon mangrove, Jokowi menuju SMA Negeri 2 Cilacap untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi para pelajar, sekaligus menyapa para peserta vaksinasi di sejumlah sekolah lainnya secara virtual.

Tak hanya itu saja, mantan Wali Kota Solo ini juga akan meninjau kegiatan vaksinasi bagi masyarakat secara door to door atau dari pintu ke pintu yang digelar di Kampung Nelayan Sentolo Kawat, Kecamatan Cilacap Selatan.

"Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden akan terlebih dahulu menuju Pantai Kemiren, Kecamatan Cilacap Selatan, untuk melakukan kegiatan pelepasan tukik," tulis keterangan Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Pengalaman Nelayan Gunungkidul Bertemu Fenomena Laut Bercahaya

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya