Comscore Tracker

Muncul Deklarasi Relawan JokPro 2024, Istana: Tamparan ke Jokowi

Fajroel Rachman sebut ada yang ingin cari muka Jokowi

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Presiden Fajroel Rachman angkat bicara perihal wacana dukungan relawan Jokowi-Prabowo untuk Pilpres 2024, yang menamakan diri JokPro 2024. Meurut Fajroel, Presiden Joko "Jokowi" Widodo tetap tunduk pada konstitusi.

"Mengingatkan kembali, Presiden Joko Widodo tegak lurus konstitusi UUD 1945 dan setia terhadap reformasi 1998," kata Fajroel dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/6/2021).

Baca Juga: Relawan JokPro Akan Deklarasi Usung Jokowi-Prabowo di Pilpres 2024

1. Istana sebut klaim dukungan jabatan presiden tiga periode sebuah tamparan bagi Jokowi

Muncul Deklarasi Relawan JokPro 2024, Istana: Tamparan ke JokowiJuru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Senin 18 November 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Fajroel mengutip undang-undang yang mengatur tentang masa jabatan presiden RI, bahwa sesuai Pasal 7 UUD 1945 amandemen ke-1 bahwa, "Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan."

Fajroel menjelaskan penegasan Presiden Jokowi menolak wacana presiden tiga periode, sudah disampaikan beberapa kali. Pertama pada 12 Februari 2019, "Ada yang ngomong presiden dipilih tiga periode itu, ada tiga (motif) menurut saya. Satu, ingin menampar muka saya, yang kedua ingin cari muka, padahal saya sudah punya muka, yang ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja," ujar dia, mengulang ucapan Jokowi.

2. Jokowi minta pendukungnya tidak membuat gaduh di tengah pandemik

Muncul Deklarasi Relawan JokPro 2024, Istana: Tamparan ke JokowiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Penolakan jabatan presiden tiga periode dari Jokowi yang kedua, lanjut Fajroel, pada 15 Maret 2021, "Saya tidak ada niat, tidak ada juga berminat menjadi presiden tiga periode. Konstitusi mengamanahkan dua periode, itu yang harus kita jaga bersama."

"Janganlah membuat gaduh baru, kita sekarang fokus pada penanganan pandemik," sebut Fajroel, mengutip ucapan Jokowi.

3. Jokowi ingin relawan dan pendukungnya berpijak pada pernyataannya

Muncul Deklarasi Relawan JokPro 2024, Istana: Tamparan ke JokowiJokowi dan Prabowo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Stafsus Presiden Bidang Komunikasi itu kembali menegaskan soal dua pernyataan penolakan Jokowi terhadap tiga periode jabatan presiden, ketika dikonfirmasi perihal dukungan relawan di luar perintah Jokowi.

"Sikap presiden dalam dua kali kesempatan di atas yang harus menjadi pegangan semua pihak," tegas Fajroel.

Sebagai informasi, undangan deklarasi relawan yang mengatasnamakan JokPro 2024 beredar di media sosial dan kalangan awak media. Deklarasi tersebut akan digelar siang ini di kawasan Jakarta Selatan.

Baca Juga: Demokrat Masih Berminat Usung AHY Ketimbang Ganjar di Pilpres 2024

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya