Natal Hybrid di Katedral, Batasi Jemaat Sampai 650 Orang

Jemaat dibagi ke dalam tiga lokasi

Jakarta, IDN Times - Misa natal di Gereja Katedral sudah bisa dihadiri oleh jemaat. Meski begitu, jumlah jemaat yang hadir dalam misa natal pada Sabtu (25/12/2021) masih harus dibatasi. 

Humas Gereja Katedral, Susyana Suwadie, mengatakan kapasitas jemaat yang hadir tahun ini hanya 40 persen, akibat pandemik COVID-19. Sehingga, total jemaat yang hadir sebanyak 650 orang.

"Ada 650 umat yang hadir. Mereka dibagi di tiga lokasi, yaitu lokasi dalam gereja 310 orang, aula atas 210, kemudian Plaza Maria 130. Tentu saja, protokol kesehatan kami terapkan. Dalam setiap paroki, itu selalu ada tim gugus kendali paroki. Mereka juga terkait dengan Satgas COVID-19," jelas Susyana di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Sabtu (25/12/2021).

1. Jemaat bersyukur

Natal Hybrid di Katedral, Batasi Jemaat Sampai 650 OrangSuasana Natal di Gereja Katedral (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dengan diizinkannya misa natal digelar secara tatap muka, Susyana menyebut jemaat juga bersyukur. Sebab, sebelumnya ibadah dilakukan secara daring.

"Untuk itu, kami tetap bersyukur apapun yang terjadi. Namun, harapan kami bagaimana pandemik ini bisa semakin terkendali sehingga nanti semakin banyak umat yang kembali melaksanakan ibadah di gereja," ucap Susyana.

Baca Juga: Katedral Gelar Misa Natal Hybrid,  Protokol Kesehatan Dijamin Ketat

2. Pengamanan Katedral dijaga ketat oleh TNI-Polri

Natal Hybrid di Katedral, Batasi Jemaat Sampai 650 OrangSuasana Natal di Gereja Katedral (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Untuk pengamanannya, Susyana menyebut aparat keamanan yang terdiri dari TNI-Polri sudah bersiaga. Hal itu agar jemaat tetap merasa aman dan nyaman saat beribadah.

"Sehingga, umat yang datang bisa beribadah secara khusyuk, aman, dan nyaman. Itu tujuannya karena saat ini masih dalam pandemik, kami masih merayakan secara sederhana," kata Susyana.

3. Pihak Katedral ucapkan terima kasih karena Istiqlal bantu siapkan lahan parkir

Natal Hybrid di Katedral, Batasi Jemaat Sampai 650 OrangSuasana Natal di Gereja Katedral (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Susyana juga menyampaikan pihak Istiqlal mengizinkan agar para jemaat menggunakan lahan parkirnya. Dia mengucap terima kasih kepada Imam Besar Istiqlal dan pengurus yang membantu menyediakan lahan parkir.

"Itu mendukung tema tahun ini dimana persaudaraan semakin erat, yang terjalin antara kami," kata Susyana.

Baca Juga: Potret Natal di Gereja Katedral, Ada Kereta Santa

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya