Comscore Tracker

Ngabalin: Jokowi Segera Lantik Mendikbudristek dan Menteri Investasi

Belum diketahui sosok menteri pilihan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo segera melantik dua menteri dalam waktu dekat. Dua posisi menteri itu adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) serta Menteri Investasi.

"Presiden Insya Allah akan melantik menteri baru (1) Menteri DIKBUD/RISTEK (2) Menteri Investasi/Kepala BKPM. Adakah menteri-menteri lain yang akan dilantik, kapan dan siapa para beliau itu? Wallahu'alam bisshowaab itu hak prerogatif presiden dan kita tunggu saja," tulis Ngabalin dalam cuitan di Twitter-nya, @AliNgabalinNew.

Lalu, kapan pelantikan para menteri baru itu?

1. Jokowi bisa adakan pelantikan pekan ini atau pekan depan

Ngabalin: Jokowi Segera Lantik Mendikbudristek dan Menteri InvestasiPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Baca Juga: Keinginan Jokowi Bentuk Kementerian Investasi Tercapai, Ini Alasannya

Saat dihubungi IDN Times, Ngabalin tak memberitahu kapan Jokowi akan melantik menteri baru. Ia hanya mengatakan, pelantikan bisa dilakukan pekan ini atau pekan besok.

"Kalau tidak pekan ini, pekan besok, yang pasti tidak lama kalau Jokowi itu tidak lama-lama. Beliau itu kan orang tidak bisa membiarkan suatu urusan berlama-lama," ujar Ngabalin, Rabu (14/4/2021).

2. Siapa menteri yang akan diganti?

Ngabalin: Jokowi Segera Lantik Mendikbudristek dan Menteri InvestasiPresiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Terkait siapa saja menteri yang akan diganti oleh Jokowi, Ngabalin enggan berkomentar lebih jauh. Ia menyebut bahwa itu adalah keputusan Jokowi.

"Bahwa nanti kemungkinan, kalau nanti ada lagi menteri yang baru digeser atau diganti, itu bukan urusan kita. Itu urusan Bapak Presiden. Karena beliau yang punya hak prerogatif," tuturnya.

3. Nadiem Makarim kemungkinan besar akan bertahan

Ngabalin: Jokowi Segera Lantik Mendikbudristek dan Menteri InvestasiMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Menyoal siapa yang akan duduk di kursi Mendikbudristek, Ngabalin mengungkapkan kemungkinan besar masih dijabat Nadiem Makarim. Sebab, Kemenristek yang dileburkan ke Kemendikbud.

Di sisi lain, Menristek Bambang Brodjonegoro juga sudah mengisyaratkan pamit dari kabinet.

"Karena Ristek yang datang ke Kemendikbud, bukan Kemendikbud yang ke Kemenristek," jelas Ngabalin.

Ia menyebut menteri-menteri millennials di kabinet dinilai cukup berprestasi. Sehingga, kemungkinan besar akan dipertahankan.

"Sebetulnya menteri-menteri millenials ini kan presiden sudah tahu mereka miliki prestasi, termasuk Pak Bahlil, Menteri Mas Nadiem. Ini orang-orang berprestasi yang sudah diketahui presiden, jadi gak usah ragu," ucapnya.

Baca Juga: Curhat Bambang Brodjonegoro, Sedih Jadi Menristek Terakhir Indonesia

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya