Ngabalin Ungkap Detik-detik Edhy Prabowo Ditangkap KPK di Soetta

Edhy Prabowo disebut sangat kooperatif

Jakarta, IDN Times - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menceritakan kronologi penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu (25/11/2020) dini hari.

Ngabalin sendiri menjadi salah satu orang yang ikut dalam rombongan Edhy ke Amerika Serikat.

Lalu, bagaimana kronologi penangkapan Edhy Prabowo versi Ngabalin? 

1. Ngabalin akui sempat tidak tahu bahwa orang-orang yang menghampiri Edhy adalah dari KPK

Ngabalin Ungkap Detik-detik Edhy Prabowo Ditangkap KPK di SoettaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ngabalin bercerita, ketika tiba di Indonesia, ia berpisah dengan Edhy Prabowo di bandara. Lalu, ada beberapa orang datang menghampiri rombongan. Awalnya, ia tidak tahu bahwa mereka adalah orang-orang KPK yang hendak menangkap Edhy lewat OTT.

"Kan mereka datang saya ada di situ. Tapi awalnya abang tidak tahu itu KPK. Penjelasannya kami juga tidak tahu karena dari belakang jalan, toh. KPK datang. Yang bilang KPK itu orang-orang di situ. Sudah kan ada dua jalur tuh di Terminal III, mereka suruh 'Pak Ngabalin di sini saja'," kata Ngabalin kepada wartawan, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Ini yang Dilakukan Edhy Prabowo di Hawaii Sebelum Ditangkap KPK

2. Ngabalin sebut Edhy Prabowo sangat kooperatif saat ditangkap KPK

Ngabalin Ungkap Detik-detik Edhy Prabowo Ditangkap KPK di SoettaEdhy Prabowo memegang udang di Pandeglang, Banten. Instagram.com/edhy.prabowo

Setelah itu, ia pun berpisah dengan Edhy Prabowo dan melanjutkan pengecekan protokol kesehatan di imigrasi. Usai insiden penangkapan Edhy, Ngabalin pun kembali ke kediamannya dan tidak ikut bersama KPK.

Meski begitu, Ngabalin yang langsung melihat kejadian penangkapan Edhy menuturkan bahwa politikus Gerindra itu sangat kooperatif.

"Pak Edhy juga bagus. Pak Edhy juga sangat kooperatif. Kemudian juga menunggu. teman-teman KPK juga melaksanakan tugas dengan baik. Enaklah tadi," ujar dia.

3. Menteri Edhy Prabowo terjaring OTT KPK, diduga soal ekspor benih lobster

Ngabalin Ungkap Detik-detik Edhy Prabowo Ditangkap KPK di SoettaEdhy Prabowo bersama Ilmuan IMAS, Institut Studi Kelautan dan Antartika Universitas Tasmania memegang lobster (Instagram.com/

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan korupsi (KPK), pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Penangkapan Edhy tersebut diduga terkait izin ekspor benih lobster.

“Yang bersangkutan diduga terlibat korupsi dalam penetapan izin export baby lobster,” kata Ketua KPK Firli Bahuri saat dikonfirmasi.

Saat ini, kata Firli, Edhy sedang dimintai keterangan lebih lanjut oleh penyidik KPK. Nantinya, komisi antirasuah tersebut akan mengumumkan hasil penangkapan tersebut ke publik.

“Nanti akan disampaikan penjelasan resmi KPK. Mohon kita beri waktu tim kedeputian penindakan bekerja dulu,” tutur Firli.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap oleh pihaknya. Bahkan, ada sejumlah orang yang turut ditangkap.

"Banyak (yang ditangkap), ada beberapa. Baik keluarga dan juga orang di KKP," kata Ghufron kepada IDN Times, pagi ini.

Tak hanya Edhy yang ditangkap, berdasarkan informasi dari internal KPK yang enggan disebutkan namanya, istri Edhy, Iis Rosita Dewi turut ditangkap.

"Begitu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Edhy beserta istri dan beberapa rombongan yang ikut ke Amerika langsung ditangkap KPK dan dibawa ke gedung KPK," katanya kepada IDN Times.

Sumber IDN Times melanjutkan, saat ditangkap ada Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin di dalam pesawat yang ditumpangi Edhy.

"Ali Mochtar Ngabalin yang ada di pesawat yang sama dengan Edhy juga sempat berbincang dengan penyidik yang nangkap Edhy. Sesampai di KPK, langsung diperiksa. Di dalam gedung KPK sendiri terlihat ada Novel Baswedan, penyidik senior KPK salah satu yang memimpin kegiatan itu," ungkapnya.

Baca Juga: 8 Momen Saling Sindir Edhy Prabowo-Susi Pudjiastuti soal Benih Lobster

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya